100 Ormas/LSM Se-Kota Cimahi, Ikuti Pelatihan Dasar & Kepemimpinan

IMG_20171202_123343

Cimahi – jayantaranews.com

Pelaksanaan kegiatan Latihan Dasar dan Kepemimpinan Ormas dan LSM se Kota Cimahi, dilaksanakan oleh Badan Kesatuan Bangsa bertempat di DODIK Bela Negara, yang diikuti oleh 100 Ormas/LSM se Kota Cimahi, di Cikole Lembang.

IMG_20171202_123357

Acara yang dibuka secara resmi oleh Walikota Cimahi yang dalam hal ini diwakili oleh Kadis Trantib Kota Cimahi, Aris Permono, S.Sos, M.Si, dilaksanakan selama 2 (dua) hari berturut-turut, dimulai dari tanggal 27 November sampai dengan 28 November 2017, dan sebagai pembicara pertama didaulat, Dan Didik Bela Negara, Letnan Inf. E. Suhara.

Kegiatan tersebut antara lain membahas terkait situasi dan kondisi Negara Indonesia saat ini, yakni :
– Korupsi, Narkoba dan sex bebas, tawuran pelajar, gerakan sparatis, sosial media, ancaman terorisme, juga politik.

Adapun, ujar E. Suhara, Indikator Bela Negara, di antaranya :
– Mencintai tanah air
– Kesadaran berbangsa dan bernegara
– Memiliki kemampuan awal Bela Negara

IMG_20171202_123416

Sementara itu, Rudi Ganda Kusumah, SH.MH, mewakili Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, membahas terkait Gerakan Kemasyarakatan dan Kepemimpinan, yang lebih ditekankan ke Ormas/LSM dan perannya, Asas Ormas, sifat dan tujuan Ormas.

Demikian juga arah pembinaan Organisasi Kemasyarakatan, yakni mandiri, kritis, kreatif dan akuntabel, katanya.

Dodi, selaku Kasat Intelkam Polres Cimahi, mengupas perihal Dasar Hukum Ormas, di mana merujuk pada UU. No. 17 Tahun 2013, tentang Organisasi Kemasyarakatan. Kemudian terkait peran dan fungsi Ormas / OKP / LSM, hak dan kewajiban nya, larangannya, Kamtibmas, peran serta Ormas/LSM dalam Dukcip Kondusif, dan sinergitas dengan unsur Kepolisian, kata dia. (Tim JN)