2 Hari Listrik Padam, Masyarakat Mengkuru Sesalkan Petugas PLN Yang Tidak Tanggap!

IMG_20180612_212907

JAYANTARANEWS.COM, LOTIM

FB_IMG_1515036941798

Gangguan listrik di Desa Mengkuru yang sudah dua hari ini belum ada tindakan dari pihak PLN untuk memperbaiki kerusakan gangguan di gardu wilayah Mengkuru (12/6), membuat masyarakat geram, pasalnya sebagian rumah warga lampunya padam.

Gangguan padamnya listrik tersebut, diduga korsleting di gardu besar sehingga kabel besar yang melintang ke arah timur tidak berfungsi (rusak), karenanya aktivitas warga terhambat dan warga keluhkan kejadian tersebut.

IMG_20180612_212842

Gangguan listrik ini mulai dari kemarin siang sampe hari ini, Selasa (12/6). Sudah dua hari berturut – turut. ” Gangguannya sampai hari ini belum ada tindakan dari PLN setempat. Bahkan masyarakat mendatangi Kantor PLN yang di Sakra untuk mengadukan kejadian tersebut, namun kantornya tutup dari tadi siang,” ucap Arifin, salah satu warga Mengkuru.

Bebrapa kali kami datangi Kantor PLN Sakra sejak kemarin malam, namun tidak ada satupun orang yang kami temukan di sana, bahkan ada salah satu petugas yang kami hubungi tapi seolah menepis dengan kejadian itu. ” Bukan tanggung jawab kami,” kilah petugas.

Asumsi masyarakat yang merasa diresahkan dengan kejadian tersebut  mengatakan, walaupun petugas PLN sudah membagi poksinya masing – masing, paling tidak bisa menghubungkan kami dengan petugas yang lain, ungkap Arifin sambil mengeluh.

Merasa keluhannya tidak ditanggapi, Arifin sampai menulis di sosmed, ” Bagaimana ini, di desa kami gangguan dari hari kemarin siang sampai hari ini, saya lapor ke unit jaga tapi gerbangnya digembok. Saya telepon gak diangkat.  Adooh katanya peduli 24 jam! Dan juga sampai saat ini call center PLN belum bisa dihubungi. Sudah beberapa kali masyarakat mendatangi Kantor PLN Unit Sakra, namuan tetap tidak ada pelayanan alias tutup,” beber Arifin.

Merasa kesal dengan kurang tanggapnya PLN, masyarakat sampai melaporkan ke Pusat via telepon, namun sampai saat ini belum ada tindakan juga, mengingat masyarakat sudah geram dengan dibuatnya petugas PLN yang seolah tidak mau tahu karena semua nomor telepon yang dihubungi tidak bisa mengkonfirmasi.

Padahal, merunut pada ketentuan Pasal 29 UU No 30 Tahun 2009, tentang ketenagalistrikan, kosumen berhak untuk mendapatkan pelayanan yang baik, mendapatkan tenaga listrik secara terus menerus dengan mutu dan kendala yang baik. Disamping itu, memperoleh tenaga listrik yang menjadi haknya dengan harga yang wajar dan mendapatkan pelayanan untuk perbaikan apabila ada gangguan tenaga listrik, serta bertanggung jawab dan memberikan kompensasi kepada kosumen terkait pemadaman listrik dan pihak PLN mewajibkan memberi ganti rugi jika terjadi pemadaman listrik.

Keluhan – keluhan masyarakat akan masalah aliran listrik harus segera ditangani, mulai dari pemadaman hingga pada penambahan aliran daya sesuai dengan yang sudah diperundang – undangkan. Namun hal ini belum diindahkan petugas PLN.

Sampai berita ini diterbitkan, petugas belum bisa dimintai keterangan. Tim mencoba menghubungi namun masih belum juga ada jawaban. (Iz JN)