Raker DPP Ormas BBC Implementasikan Ke-Bhinekaan Menuju Kemandirian

IMG_20171219_112323

Bandung – Jayantara News

IMG_20171213_091323

Rapat kerja (Raker) Ormas BBC yang merupakan agenda tahunan sebagaimana diamanahkan dalam AD/ART dan PO. No.001/SK/DPP-ORMAS BBC/XII/2015 tanggal 26 Desember 2015, di mana dituangkan bahwa Rapat Kerja diadakan sekurang-kurangnya 1 (satu) tahun sekali guna mengevaluasi program dan kegiatan yang sudah dilaksanakan, maupun program yang akan datang.

IMG_20171219_112257

Dalam Rapat Kerja DPP Ormas BBC ini, yang diikuti oleh seluruh jajaran Pengurus DPP, DPD (Ketua, Sekretaris dan Bendahara), perwakilan para pendiri Ormas BBC (Small Group), Dewan Pakar, Dewan Penasehat, dan sayap-sayap Ormas BBC serta undangan dari OKP/ LSM lainnya, diharapkan dapat merumuskan dan menetapkan kebijakan-kebijakan organisasi sesuai tuntutan dan kebutuhan organisasi.

Rapat Kerja mengambil dengan mengambil tema “Ormas BBC Bersatu Dalam Ke-Bhinekaan Guna Mewujudkan Solusi Menata Diri Menuju Kemandirian” tersebut, dilaksanakan selama satu hari pada tanggal 16 Desember 2017 bertempat di Hotel Lodaya, Kota Bandung.

IMG_20171219_112350

Berdasarkan agenda rapat dalam Raker tersebut, terdapat hal-hal penting yang perihal menindaklanjuti keputusan-keputusan Kongres ke III di Hotel Asrilia Bandung dan penyempurnaan beberapa Peraturan Organisasi (PO) terkait disiplin penggunaan atribut, Struktur Organisasi, Tata Kerja dan penataan sayap-sayap Ormas BBC, serta hal-hal lain menyangkut tertib keanggotaan (KTA) dll.

Dalam Raker yang dibuka secara resmi oleh Kepala Badan Kesbangpol Provinsi Jawa Barat, selaku Pembina Ormas di Jawa Barat tersebut, juga dihadiri sejumlah undangan dari unsur Muspida, Tokoh Masyarakat para senior / Sesepuh BBC.

Pembahasan Raker pun berlanjut terkait akan diadakannya Launching Media Informasi Ormas BBC / Web. site Ormas BBC (www.ormasbbc.com) dan Rencana Kerjasama Distribusi dan Pemasaran Conversi Energi ( Compressed Nature Gas ) antara DPP Ormas BBC dengan PT. Berkah Mirza Inzani (PT. BMI) yang secara khusus bergerak di bidang penyediaan kebutuhan energy yang bersih dan ekonomis baik untuk kebutuhan Industri, Transportasi, Hotel, Restoran dll.

Menyikapi tahun politik 2018 / 2019, Ormas BBC sebagai organisasi yang terbuka dan bersifat independen, tentunya tidak berafiliasi kepada kepentingan Partai Politik atau golongan tertentu. Sebagai Organisasi Sosial Kemasyarakatan yang berbasis masyarakat, Ketua Umum DPP Ormas BBC, H. Mugi Sudjana, menekankan kepada seluruh Jajaran Ormas BBC dari mulai DPP/DPD, DPC, PAC dan sayap-sayap Ormas BBC se- Jawa Barat harus ikut mensukseskan tahun Politik 2018/2019. Hal ini sebagai bentuk pengabdian anak bangsa untuk turut berperan aktif dalam dinamika pembangunan Politik untuk menjaga keutuhan persatuan dan kesatuan dalam konteks Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Dirasakan memang, menjelang Pilkada serentak akhir-akhir ini banyak agenda Politik yang bisa saja mengganggu perhatian anggota Ormas BBC dimanapun berada agar tetap bersikap Independen dan fokus terhadap fungsi Ormas sebagai kontrol sosial bahkan ikut menjaga situasi tetap kondusif, jangan sampai terganggu oleh kontestasi Pilkada, karena kontrol sosial dari Ormas harus tetap berjalan.

“Kalau soal memilih dan dipilih, itu hak pribadi yang dilindungi oleh UU, bahkan saya meminta jangan sampai ada anggota Ormas BBC yang GOLPUT karena di dalam Konteks Pilkada akan selalu ada yang terpilih, jadi sangat disayangkan jika hak suara tidak digunakan,” tegasnya.

Baca juga : <a href=”http://jayantaranews.com/dpp-ormas-bbc-bandung-gelar-acara-tasyakur-bi-nimah/”>

Secara organisasi, Ormas BBC dalam menentukan sikap Politik ada mekanismenya, antara lain melalui Rapat Pimpinan setelah mempertimbangkan berbagai hal dan yang terpenting terdapat kesamaan Visi dan Misi, serta memiliki chemistery dan ada komitmen yang jelas serta adanya keberpihakan khususnya dalam memberdayakan anggota Ormas dan mensejahterakan masyarakat pada umumnya dari para calon yang akan kita dukung sepenuhnya.

Demikian pula dalam Pileg, imbuh Mugi. Nanti kita akan mendorong kader-kader muda Ormas BBC Potensial agar maju menjadi wakil-wakil rakyat di Legislatif. Hal ini menjadi komitmen Ormas BBC, bahwa kita mendukung kader Ormas BBC yang akan maju di Pileg nanti, yang pada gilirannya nanti menjadi wakil rakyat dan bisa ikut dalam menentukan proses kebijakan pembangunan sekaligus menyalurkan aspirasi Ormas melalui wakilnya di legislatif, pungkas Mugi.
(Ricky Gumilar JN)