Sikapi 2 Kepala Daerah Papua Main Judi, BPI KPNPA RI Minta Presiden & KPK Ambil Langkah Tegas!IMG_20171211_100923

Jakarta – Jayantara News

IMG_20171202_162634

Terkait persoalan Gubernur Papua, Lukas Enembe dan Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom, yang diadukan ke Menteri Dalam Negeri, Tjahjo Kumolo oleh Nius Kogoya, anggota DPRD Kabupaten Lanny Jaya, Provinsi Papua, sempat menjadi gunjingan publik.

Kedua Kepala Daerah itu diadukan, lantaran diduga kuat sering bepergian ke luar negeri tidak dalam rangka tugas dan tanpa seizin Menteri Dalam Negeri sebagai atasan, sebagaimana dilansir : Tengokberita.com.

Dalam aduannya, Nius menyertakan data Imigrasi sebagai bukti bahwa kedua Kepala Daerah di Papua itu sering bepergian ke luar negeri.

Selama periode April 2010 hingga Juli 2016, data imigrasi Gubernur Papua, Lukas Enembe, menyebutkan bahwa dia telah 52 kali melakukan penerbangan internasional dengan negara tujuan Singapura.

Demikian juga dengan Bupati Lanny Jaya, Befa Yigifalom, yang dalam data Imigrasi disebutkan bahwa selama periode April 2012 hingga Juli 2016, Befa telah melakukan 40 penerbangan internasional ke Singapura.

Sehingga, kata Nius, bahwa dalam surat aduannya ke Mendagri, Tjahjo Kumolo, tertanggal 6 Desember 2017, kedua nya berpotensi kuat melanggar TAP MPR No. VI/MPR/2001 tentang Etika Kehidupan Berbangsa dan UU No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintah Daerah.

Seringnya kedua kepala daerah di Papua itu bepergian ke luar negeri dengan satu negara tujuan yaitu Singapura, membuat tanda tanya besar bagi Nius. Apalagi dirinya mendapat banyak bukti visual tentang ulah yang dilakukan Gubernur Papua Lukas Enembe dan Bupati Lanny Jaya, Befa Yigibalom selama berada di Singapura, yaitu bermain judi.

Mantan anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) yang telah insaf ini juga menegaskan, motivasi pelaporan ini didasarkan pada persoalan perlunya etik dan moralitas yang bagi pejabat dalam mengemban amanahnya. “Kami ingin pejabat yang memimpin tanah air yang kami cintai ini memiliki moral yang baik,” kata Nius kepada media.

Redaksi Tengokberita.com pun menerima kiriman data visual berupa foto dan video berdurasi 00.59” detik atau satu menit kurang satu detik yang menggambarkan tentang seseorang yang mirip dengan Gubernur Papua, Lukas Enembe, yang tengah bermain judi.

Foto dan video itu menggambarkan seseorang dengan perawakan gemuk, mengenakan mantel warna gelap, berkacamata, kepala agak plontos, dan berkulit gelap, tengah duduk di salah satu meja judi yang diduga jenis permainan kartu Black Jack.

Menyimak paparan tersebut, Drs. Rahmad Sukendar, SH.MH, selaku Ketua Umum BPI KPNPA RI (Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara dan Pengawas Anggaran Republik Indonesia, meminta Presiden dan Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), terkait yang dilaporkan anggota DPRD tersebut dan meminta kepada jajaran BPI KPNPA RI Provinsi Papua untuk segera melakukan investigasi perihal adanya temuan dan laporan dari anggota DPRD dimaksud, Minggu, (10/12). (Tim)