Peduli CITARUM HARUM, Pangdam III Siliwangi & Insan Media Gelar Silaturahmi

IMG_20180303_001549

Bandung – Jayantara News

FB_IMG_1515036941798

Kapendam Desi Arianto, dalam acara gelar silaturahim bersama Insan Media, Jum’at (02-03-18) pukul: 08:00 KALPA TREE DINE AND Chill, Jl. Kiputih No.37, Ciumbuleuit, Cidadap, Kota Bandung, Jawa Barat, menuturkan, bahwa Pangdam III Siliwangi, Mayjen Doni Monardo, tidak mau adanya protokoler saat gelar diskusi. Hal ini karena Panglima tidak suka protokoler, alasannya agar bisa lebih akrab dan bebas. Dan saat bicara Siliwangi, kita semua adalah Siliwangi, makanya kita membuat group WA Journalist Siliwangi.

Citarum bukan hanya di Indonesia, tapi Citarum sudah mendunia, jadi Citarum terkotor sedunia, sekarang mulai kembali bersih dan dimulai dari dunia.

Sumbangan pencemaran Sungai Citarum terbesar itu jelas 100% dari industri yang membuang limbahnya ke sungai, sehingga merusak ekosistem Sungai Citarum. Kesdam III Siliwangi sempat turun dalam memeriksa Situ Cisanti, dan menemukan kandungan mercuri yang sudah sangat tinggi, yang kemungkinan besar hal ini dari pupuk, bahkan ikan di sana sudah tercemar bakteri,” jelasnya.

IMG_20180303_001535

Dilema memang. Sampah yang harus diangkut sekitar 20.000 ton sehari yang ada di tengah-tengah masyarakat. Bayangkan, hanya seperempatnya saja yang bisa diangkut, lalu sisanya gimana, jelas ini akan menjadi penumpukan.

“Bagaimana anak bangsa akan berkualitas dan punya SDM tinggi, bila konsumsi makanannya mengandung pestisida, dan seharusnya masyarakat yang tinggal di hulu itu lebih sehat dan segar, tapi hanya mencapai 60 tahun, menurut camat, lurah dan lingkungan. Itu yang menyampaikan pada saya, camat, bukan saya, karena manusia hidup dengan kandungan air, tentunya air harus bersih dan sehat,” ungkap Pangdam III.

IMG_20180303_001604

“Dan untuk rekan wartawan, saya sangat berterimakasih pada semua rekan wartawan, untuk selalu memberitakan Citarum Harum. Tiada hari tanpa berita, terimakasih rekan wartawan yang terus untuk beritakan Citarum Harum, dan memberikan simbol Journalis Siliwangi untuk Indonesia,” pungkas Pangdam.

(Uchok Hendra JN)