Loading...

Diduga Anggaran Pembinaan Difiktifkan, 4 Ketua LSM-Ormas Kab Pangandaran Datangi Kesbangpol

IMG-20180403-WA0083

Pangandaran – Jayantara News

FB_IMG_1515036941798

Kesejahteraan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) Kabupaten Pangandaran, didatangi empat Ketua LSM dan Ormas, diantaranya : Ketum LSM LPK-GKMI, Ade Jenal M, Ketua GIBAS yang kerap dipanggil Yana Macan, Ketua Aliansi KPK, M Firmansyah dan Ketua PP, Eko Suwartono.

Ke’empat Ormas/LSM tersebut bergabung mewakili Ormas se Kabupaten.

Ade Jenal M, sebagai yang dituakan dan juru bicara dari perwakilan Ormas/LSM mendatangi (Kesbangpol), Senin 2/4/2018.

Dalam isi audiennya mempertanyakan kinerja (Kesbangpol) yang selama ini di anggap Mandul.

Penggunaan anggaran untuk pembinaan sudah jelas, PP RI No 58 Tahun 2016, tentang Pelaksanaan UU No 17 Tahun 2013, tentang Organisasi Masyarakat.

Di Pasal 19 Pasal 18, Pemberdayaan dan Pembinaan sebagaimana dimaksud pada Ayat (1) dibiayai dari APBN dan/atau APBD Lembaga Swadaya Masyrakat (LSM) dan Organisasi Masyarakat (Ormas) di Kabupaten Pangandaran, melalui APBD pun, kami pertanyakan kemana anggaran tersebut ?, papar Ade.

Pasalnya, kata Ade, dana yang dikelola oleh Kantor Kesejahteraan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) itu, dinilai tidak transparan pengelolaanya.

Ketum LSM Lembaga Perlindungan Konsumen Gerakan Keadilan Masyarakat Indonesia (LPK-GKMI) Kabupaten Pangandaran mengatakan, kegiatan LSM dan Ormas di Kabupaten Pangandaran
selama ini belum ada kegiatan atau kucuran dana untuk pembinaan.

Pembinaan yang seharusnya ada kegiatannya, menurut Ketua GIBAS Pangandaran, Yana Macan, mengatakan, bahwasannya dari Ormas dan LSM di Kabupaten Pangandaran, belum sama sekali ada pembinaan, apalagi kucuran dana untuk pemberdayaan LSM dan Ormas.

Dari informasi yang beredar, dana untuk pembiayaan Ormas dan LSM itu sangat besar. Kami menduga, anggaran pembinaan selama ini di fiktifkan. Kami dan semua LSM yang ada di Kabupaten Pangandaran mengharapkan keterbukaan (Kesbangpol) perihal penggunaan anggaran dan Pembinaan yang selama ini sama sekali tidak ada, apa lagi sekarang menghadapi Pilgub, kemana saja (Kesbangpol) selama ini, sampai tertidur pulas. Seharusnya pihak (Kesbangpol) sosialisasi mengundang para LSM dan Ormas se Kabupaten Pangandaran untuk dilibatkan di Pilgub tersebut dan diadakan pembinaan untuk menghadapi Pilgub mendatang.

Menurut Ketua Aliansi, M Frimansyah mengatakan, kami berharap untuk kedepannya “Kesbangpol Kabupaten Pangandaran harus terbuka dan bisa menjadi orang tua yang baik dari para LSM dan Ormas yang bisa untuk mengayomi dan memberikan pembinaan yang selama ini mati, paparnya.

Eko, Ketua MPC Pemuda Pancasila (PP) menambahkan, penggunaan anggaran harus diperuntukkan sesuai dengan posnya, imbuh Eko.

Sementara itu, Kepala Kantor Kesbangpol, Solih AP, membenarkan adanya anggaran dana pembinaan melalui APBD maupun APBN sama sekali tidak ada, bahkan kami akan segera mengajukan dan memperbaiki kekurangan pihak Kesbangpol untuk merencanakan dan mengajukan apa yang dipertanyakan para Ketua LSM dan Ormas,” dan kami secepatnya akan mengundang para Ormas, LSM untuk saling menjaga keutuhan NKRI dan menjaga nama baik Ormas, LSM dan Kesbangpol selaku wadah para lembaga,” paparnya. (Budi JN)