Loading...

Curug Cibareubeuy, Surga Air Terjun Cibeusi Subang Yang Dirindukan Pengunjung

JAYANTARANEWS.COM, Subang

IMG_20180628_215930

Takjub, itulah kata yang pas untuk menggambarkan pemandangan begitu tiba di Curug Cibareubeuy Cibeusi Subang.

Pandangan langsung diarahkan pada air terjun yang menjulang setinggi kurang lebih 90 meter. Berbeda dengan air terjun kebanyakan yang jatuh lurus, jatuhan air Curug Cibareubeuy melewati 3 kelokan.

” Wah indah sekali Pak, ga percuma saya jauh – jauh ke sini,” ujar Ardi, pengunjung asal Pangandaran di lokasi Curug Cibareubeuy, Minggu (16/7/2018).

Sensasi yang paling dirindui dari air terjun pun bisa dirasakan. Deburan air Cibareubeuy nan segar menyapa raga. Banyak pengunjung yang tampak asyik mandi di bawah air terjun sambil sesekali bergantian untuk poto selfie.

Pengunjung yang tidak bermain air terlihat duduk di batu tak jauh dari air terjun, menikmati tempias air terjun serupa embun yang berterbangan dan terasa sejuk saat menerpa badan.

Curug Cibareubeuy terletak di RPH Gunung Karamat, BKPH Cisalak, KPH Bandung Utara. Sedangkan secara administratif, berada di Desa Cibeusi, Kecamatan Jalan Cagak, Kabupaten Subang. Untuk menuju Curug Cibareubeuy, bisa berpatokan pada lokasi wisata Air Panas Ciater Subang, untuk selanjutnya menuju Desa Cibeusi.

Dari Cibeusi, pengunjung bisa memarkirkan kendaraan roda empat maupun dua. Tak usah khawatir, kendaraan aman karena lahan parkir dijaga warga setempat. Dari sini pengunjung melanjutkan dengan jalan kaki menuju Curug Cibareubeuy dengan jarak 2 km.

Siapkan kamera atau smart phone bila mau mengunjungi Curug Cibareubeuy. Pasalnya, ada banyak pemandangan menarik sebelum sampai tujuan.

IMG_20180717_220111

Hamparan sawah, aliran air yang bersih, bebukitan dan batu – batu berukuran besar menjadi pemandangan yang bisa dijepret kamera.

Setelah seperempat jarak perjalanan Curug Cibareubeuy sudah bisa terlihat.

IMG_20180717_220125

Tak berhenti di situ, perjalanan menuju Curug Cibareubeuy menyuguhkan cerita lain. Bila sedang musim panen, bisa melihat petani sedang mengusir burung di sawah, atau proses pembuatan gula aren oleh warga sekitar curug.

Mendekati lokasi curug, terdapat objek wisata lain, yakni menara Pandawa. Di menara Pandawa bisa menyaksikan pemandangan dari ketinggian. Dan bagi rombongan yang ingin menginap, ada Kampung Senyum yang menawarkan cara menginap ala Kampung Senyum yang murah namun sangat menjaga norma dan kesantunan.

Harga tiket masuk Curug Cibareubeuy sebesar 10 ribu rupiah. Saat ini Curug Cibareubeuy dikelola oleh Lembaga Masyarakat Desa Hutan (LMDH) Wana Lestari, Pemerintah Desa dan Perhutani KPH Bandung Utara.

Kepala RPH Gunung Karamat, BKPH Cisalak, KPH Bandung Utara Oo Sukamana menjelaskan, bahwa keberadaan Curug Cibareubeuy membawa manfaat ekonomi bagi banyak pihak.

” Dengan adanya curug, banyak yang dapat keuntungan. Mulai dari LMDH,  Desa, Karang Taruna dan warga. Semua ada timbal baliknya. Ini juga menuju curug, bisa lewat jalan warga setelah ada kerjasama dengan desa,” ujarnya. (dd)