Dansektor 9 Dorong Bumdes Giri Asih KBB Kelola Sampah & Lingkungan

IMG-20180719-WA0153

JAYANTARANEWS.COM, Bandung Barat

IMG_20180628_215930

Membenahi DAS Citarum yang sudah menjadi sungai terkotor di dunia, tidaklah semudah membalikan telapak tangan.
Peran serta masyarakat dalam menjaga lingkungan menjadi sangat penting.

Hal itu terungkap dalam pertemuan para Ketua RW dengan Ketua Bumdes Giri Asih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, yang dihadiri oleh Dansubsektor Batujajar Kapten Nasrul serta Kepala Desa Giri Asih Dede Hidayat K, Rabu (18/7), di aula Desa Giri Asih.

Dalam sambutannya, Kepala Desa Giri Asih Dede Hidayat menjelaskan, bahwa semua industri yang berada di wilayahnya, pasti memerlukan Pemerintahan Desa. Di Desa Giri Asih terdapat 40 perusahaan besar dan kecil, yang bisa melakukan kerjasama dengan Bumdes. ” Perlu kesepakatan, semua sampah industri dikelola oleh Bumdes, dari 40 pabrik, saat ini baru 2 yang kerjasama dengan Bumdes,” jelasnya.

Masih menurut Dede, bahwa pihak desa akan mulai melakukan penataan. ” Ini solusi sederhana, kita punya kepentingan dalam aspek lingkungan, saya juga mengajak semua Ketua RW untuk bekerja sama dengan Bumdes, kalau sampah ini sudah dikelola, akan mengurangi limbah yang masuk Citarum,” tambahnya lagi kepada JAYANTARANEWS.COM.

IMG-20180719-WA0155

Sementara itu, Kapten Inf Nasrul yang mewakili Dansektor 9, menyoroti persoalan sampah yang sampai saat ini masih belum tuntas, terutama sampah yang berasal dari Industri. ” Apabila ini sudah tertib dan ditata sebaik mungkin, akan dijadikan Pilot Projec untuk Bumdes di desa lainnya,” tegas dia.

” Desa ini punya potensi, bisa digali untuk membangun, terutama dalam hal lingkungan dan Program Citarum Harum, karena pembenahan Citarum harus melibatkan semua unsur masyarakat,” tukasnya.

Hal yang sama juga disampaikan oleh Ketua Bumdes Giri Asih Feri Tholibul Khoer, bahwa kerjasama dengan Bumdes itu menguntungkan kedua belah pihak, karena Bumdes sudah punya Badan Hukum sendiri, Bumdes sedang melakukan penataan ulang soal sampah industri dan rumah tangga, hasil dari Bumdes akan dibagikan untuk pembangunan di tiap ke RW an yang ada,” jelasnya mangakhiri obrolan. (Rie JN)