Carut Marut, Akibat Diborongkan, Upah Pekerja Tebing Tinggi Tidak Dibayar

JAYANTARANEWS.COM, Tanjung Beringin

IMG-20180814-WA0002IMG-20180814-WA0002

Kegiatan pekerjaan proyek Dana Desa (DD) Tahun Anggaran 2018 yang telah berlangsung dari sumber dana APBN, masih carut marut dalam pelaksanaannya.

Seperti pelaksanaan kegiatan di Kecamatan Tanjung Beringin, Kabupaten Serdang Bedagai, Sumatera Utara, di Desa Tebing Tinggi yang dipimpin oleh M Nasir sebagai Kepala Desa.

Dalam pekerjaan lapen dan rabat beton yang tidak memiliki plang proyek ini, terletak di Dusun III dan Dusun IV, yang diduga tidak mengacu pada petunjuk teknis.

Sabtu, (18/8), salah seorang warga dan pekerja yang tak mau disebutkan namanya mengatakan. “ Diborongkan itu lae, dua titik di desa ini, diborongkan semua, bahkan hampir semua kegiatannya ada lima titik diborongkan dan para pekerjanya semua dari luar daerah, hingga saat ini kami pekerja belum dibayar gaji kami. Sementara kami bekerja butuh makan untuk mengasapi dapur rumah kami, ternyata gaji kami belum ada dibayar sebahagian,” ujar warga didampingi pekerja.

Lihat kerjaan lapennya, kita tidak tahu berapa nilainya, sementara anggaran Dana Desa tahun 2018 ini sudah 60 persen, akan tetapi belum nampak dimana saja pekerjaan Dana Desa, ucap warga.

Untuk pembuatan 2 (dua) lokasi pekerjaan lapen yang pekerjaannya telah selesai, warga setempat tidak diberdayakan sama sekali.

“ Kami tidak ada dilibatkan satu orang pun di desa ini lae. Kades yang mengkondisikan semua proyek ini,” ucap warga sekitar.

Ketika dikonfirmasi wartawan, kepala desa tersebut sangat sulit ditemui, sementara dihubungi melalui selulernya pun tidak aktif sama sekali. (Edi JN)