Loading...

Dugaan Ujaran Kebencian Pengguna Medsos, Dilaporkan PCNU Ke Polres Karawang

JAYANTARANEWS.COM, Karawang

IMG_20180628_215930

Penggunaan akun Media Sosial (Medsos) dapat bermanfaat jika digunakan secara bijak, karena keberadaan Medsos semata – mata sebagai fasilitas umum bagi publik untuk saling berbagi informasi secara positif, dan dapat juga dimanfaatkan untuk kepentingan bisnis, dan tidak sedikit di era digital seperti ini, banyak yang menfaatkan akun Medsos untuk mempromosikan berbagai macam jenis produk bisnis.

Namun tidak sedikit juga penggunaan akun Medsos dipergunakan untuk hal – hal yang negatif, dan sudah banyak pengguna akun Medsos yang harus berurusan dengan proses hukum, karena tidak bijak dalam menggunakan akun Medsos.

Kali ini jajaran Pengurus Cabang Nahdlatul Ulama (PCNU) Karawang, melakukan pengaduan dalam bentuk Laporan Informasi (LI) ke Polres Karawang. Ada dua (2) akun facebook yang diadukan oleh PCNU Karawang.

Ketua PCNU Karawang, KH Ahamd Ruhyat Hasby, atau yang lebih dikenal dengan panggilan Kang Uyan, menyampaikan. ” Hari ini kami sudah mengadukan dugaan Ujaran Kebencian yang dilakukan oleh pemilik akun facebook dengan inisial (AH) dan (ES) ke Mapolres Karawang. Adapun konten yang kita adukan, merupakan dugaan penghinaan terhadap simbol NU dan Islam Nusntara. Kedua akun ini sangat menyingung warga NU, dan aduan ini sama sekali tidak menyangkut persoalan politik. Yang menjadi ketersinggungan kami, konten postingan dua akun facebook itu menyangkut rois am PBNU, yakni KH Ma’ruf Amin, secara personal atau individual beliau merupakan figur yang sangat kami hormati”.

” Selain secara individual, secara khusus dan menjadi pokok permasalahan, kami selaku keluarga besar NU, sangat tersinggung atas konten postingan terhadap NU dan Islam Nusantara,” jelas Kang Uyan.

” Sebelumnya sudah dilakukan klarifikasi untuk kedua pemilik akun tersebut. Kami sudah peringatkan dan sudah didatangi langsung kerumahnya, sebagai upaya tabayun atau klarifikasi. Ini merupakan perbuatannya yang kedua kali, dan sebelumnya untuk pemilik akun facebook inisial EB. Pernah kami undang ke Kantor PCNU Karawang dalam permasalahan lain. Waktu itu kami tidak melakukan upaya hukum, karena kami menganggap, tidak akan diulangi lagi perbuatannya”.

” Harapan kami, Bapak Kapolres Karawang beserta jajaran Satuan Reserse Kriminal (Sat Reskrim) Polres Karawang, dapat segera memproses aduan kami dan dapat mengakselerasi penanganan perkaranya. Karena hal – hal seperti ini, kalau dibiarkan tanpa memberikan efek jera, bisa terus menjadi konflik sosial di kalangan masyarakat. Karena kami warga Nahdliyin tidak menginginkan adanya konflik sosial di kalangan masyarakat yang dipicu oleh prilaku – prilaku orang yang tidak bijak menggunakan Media Sosial,” tutupnya.
(Tim JN)

Loading...