Ecovillage Laskar Mentari Bangun Pos Edukasi Warga Untuk Lingkungan & Citarum Harum

IMG-20180807-WA0391

JAYANTARANEWS.COM, KBB

IMG_20180628_215930

Program Citarum sebagai bagian dari beranda rumah yang digaungkan oleh Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan, sudah merambah ke Desa Laksana Mekar, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat.

Untuk menciptakan beranda rumah tersebut, Ecovillage Laskar Mentari Desa Laksana Mekar, bekerjasama dengan Satgas Citarum di bawah binaan Dansubsektor Kapten Dedi K, hari Selasa, (7/8) Ecovillage Laskar Mentari merampungkan pembangunan Pos Edukasi warga dengan ukuran 4X4 m2 di Kp Ciampel Desa Laksana Mekar.

IMG-20180807-WA0389

” Lokasi ini dulunya gunungan sampah, asap pembakarannya sering mengganggu proses belajar SDN Ciampel karena letaknya berdekatan, akhirnya kami dengan bantuan Satgas Citarum dan masyarakat membersihkan tempat tersebut, 50 ton lebih sampah yang diangkutnya, terang Ai Maryani, Ketua Ecovillage Laksana Mekar yang juga istri dari seorang anggota TNI Serda Sudaryat Babinsa Desa Galanggang Koramil 0918 Batujajar kepada JAYANTARANEWS.COM.

IMG-20180807-WA0390

Kelompok pecinta lingkungan yang pernah dinobatkan sebagai Ecovillage terbaik se Bandung Barat ini, beberapa kali mendapatkan penghargaan, salah satunya penghargaan dari Pangdam III/Siliwangi selagi dijabat oleh Mayjen TNI Doni Monardo, serta terakhir mendapat penghargaan dari Ketua Dharma Pertiwi Ny Tari Besar Harto Karyawan.

Masih menurut Ai Maryani,” Rencananya kami akan menanam tanaman obat sebagai ajang pendidikan kesehatan herbal. Alhamdulillah, Dansektor 9 Kol Inf Sahal Ma’ruf sangat mendukung rencana ini,” ujarnya lagi.

Sementara itu, di tempat terpisah, Kapten Dedi K selaku Dansubsektor yang membina Desa Laksana Mekar menjelaskan pentingnya Pos Edukasi yang dibangun di area bekas pembuangan sampah.

” Ini adalah kreasi dan kepedulian warga Desa Laksana Mekar terhadap lingkungan dan Program Citarum Harum. Saya selaku Dansubsektornya mewakili Kol Inf Sahal Ma’ruf selaku Dansektor 9, ikut mendorong upaya pemulihan lingkungan, karena kita lihat dari awal, tempat yang dijadikan Pos Edukasi ini merupakan tempat pembuangan sampah,” elas Kapten Dedi.

” Ini adalah bukti dari masyarakat Desa Laksana Mekar melalui Ecovillage Laskar Mentari nya menciptakan Beranda Rumah sesuai dengan dengan harapan Pangdam III/Siliwangi Mayjen TNI Besar Harto Karyawan sebagai Wadan Satgas Citarum bagian Pemulihan Ekologi  sesuai dengan Perpres 15 tahun 2018,” tambahnya lagi, sambil mengakhiri pembicaraan dengan JAYANTARANEWS.COM.
(Rie JN)