Dukung Jokowi 2 Periode, Ratusan Santri Pangandaran Gelar Deklarasi SAJODO

IMG-20180910-WA0002

JAYANTARANEWS.COM, Pangandaran

IMG_20180628_215930

Ratusan santri dari berbagai pondok pesantren di Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, mendeklarasikan dukungan Jokowi 2 periode dan mengikrarkan siap memenangkan pasangan Calon Presiden – Wakil Presiden (Capres – Cawapres), Joko Widodo (Jokowi) – Ma’ruf Amin pada Pemilihan Presiden – Wakil Presiden (Pilpres) tahun 2019 mendatang.

Deklarasi tersebut digelar di Gedung Dakwah Kecamatan Padaherang, Kabupaten Pangandaran, Minggu (09/09/2018).

Dalam kesempatan itupun, para santri mendeklarasikan perkumpulan relawan pendukung Jokowi – Ma’ruf Amin dari kalangan pesantren yang diberi nama SAJODO (Santri Untuk Jokowi – Ma’ruf Amin). Mereka mengikrarkan siap memenangkan pasangan Jokowi – Ma’ruf Amin di Pilpres 2019 mendatang.

IMG-20180910-WA0004

Pembina Deklarasi SAJODO (Santri untuk Jokowi – Ma’ruf Amin) dari perwakilan Pondok Pesantren Kabupaten Pangandaran, KH Luthfi Fauzi, menegaskan, setelah perwakilan santri berkonsultasi serta bermusyawarah dengan para alim ulama dan kemudian muncul pertimbangan akan pentingnya keterwakilan peran ulama di dalam Pemerintahan, maka santri diberbagai daerah di Indonesia, khususnya di Pangandaran, menyatakan mendukung penuh pencalonan Jokowi dan KH Ma’ruf Amin pada Pilpres 2019 mendatang.

“ Kami pun tegas menyatakan sikap menolak ekstremisme agama, teror dan konflik politik yang mengatasnamakan agama serta gelombang pemicu Islamofobia lainnya,” tegas KH Lutfi saat memberikan sambutan pada acara deklarasi tersebut.

Dengan begitu, lanjut Lutfi, pihaknya
menyerukan kepada seluruh masyarakat Indonesia, semua pemeluk agama serta semua suku bangsa untuk bergabung dalam upaya membangun konsensus global guna menolak politisasi agama.

” Mari kita marjinalkan mereka yang hendak mengeksploitasi agama untuk kepentingan politik dan kekuasaan,” tegasnya menyerukan.

IMG-20180910-WA0003

Santri yang tergabung dalam SAJODO, kata Lutfi,  bertekad terus memupuk rasa kebangsaan dan nasionalisme serta berperan dalam menjaga keutuhan NKRI. ” Bagi kami, bahwa Islam dan kaum muslimin harus menjadi pembawa kebaikan dan berkontribusi bagi kemaslahatan seluruh umat manusia. Baldatun Thayyibatun Wa Rabbun Ghafur,” tandas Lutfi.

Lutfi juga mengatakan, para santri mendukung Jokowi – Ma’ruf Amin, salah satunya karena alasan keterwakilan peran ulama (Ma’ruf Amin) dalam Pemerintahan yang diyakini akan membawa kemaslahatan bagi seluruh rakyat Indonesia.

Sementara itu, pada acara deklarasi tersebut dihadiri Ketua DPC PDIP Kabupaten Pangandaran, Jeje Wiradinata, yang juga Bupati Pangandaran serta para ulama dan santri dari berbagai pesantren di Kabupaten Pangandaran. (Red)