Loading...

Diantara 3610 Pendaftar CPNS Kab Sumbawa, Baru 1.867 Masuk Berkas Fisik
IMG_20181010_201728
Ket. Foto: Kepala Bidang Pengadaan dan Kesejahteraan Aparatur Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumbawa, Nurfaridah, S.Kom, MM

JAYANTARANEWS.COM, SUMBAWA

IMG_20180628_215930

Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Sumbawa, telah merilis data sekitar 3.610 pendaftar test Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) yang sudah masuk, akan tetapi dari jumlah tersebut, baru 1.867 pendaftar yang sudah menyerahkan berkas sesuai dengan persyaratan yang telah ditentukan, Rabu (10/10/18). ” Sampai saat ini yang telah mengirimkan berkas  secara fisik sesuai persyaratan yang ditentukan melalui pos, sekitar 1.867 pendaftar. Terdiri dari tenaga kesehatan 469 pendaftar, guru 980 dan teknis 427. Akan tetapi, pendaftar secara online tercatat sekitar 3.867 perserta,” ujar Kepala BKPP Kabupten Sumbawa, melalui Kabid Pengadaan dan Kesejahteraan Aparatur Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan Kabupaten Sumbawa, Nurfaridah, S.Kom, MM, kepada JAYANTARANEWS.COM.

Minat orang untuk menjadi Aparatur Negeri Sipil sangatlah banyak, dikarenakan jumlah pendaftar itu akan terus bertambah. Karena mengingat waktu pendaftaran yang dibuka hingga 15 Oktober mendatang. Pihaknya juga memprediksi jumlah pendaftar calon test CPNS di Kabupaten Sumbawa akan mencapai sekitaran 7 ribu orang, tuturnya. ” Pendaftaran kemarin kan sampai tanggal 10, akan tetapi diundur menjadi 15 oktober 2018, dikarenakan menjadi permintaan setiap daerah yang terkena dampak gempa serta akses jaringan internet yang kadang sering terganggu dan syarat – syarat lainnya harus discan sebelum akses untuk mendaftar CPNS via online tersebut. Jadi masih ada waktu bagi peserta yang belum melengkapi persyaratan – persyaratan yang telah ditentukan oleh BKN,” ungkapnya.

Setelah data dan berkas pendaftar masuk, pihaknya langsung memverifikasi. Verifikasi ini dilakukan hingga tanggal 20 Oktober. Kemudian pengumuman kelulusan administrasi akan diberitahukan. Bagi pendaftar yang lulus, maka berhak untuk mengikuti seleksi kompetensi dasar. Apabila para peserta CPNS lulus pada test kompetensi dasar, selanjutnya para peserta tersebut untuk mengikuti test kompetensi bidang hingga selesai. Kemudian pengumuman lulus bagi perserta CPNS yang telah mengikuti TKD dan TKB tersebut akan diumumkan pada awal Desember 2018, kata Ida.

” Sejak dimulai dari berkas itu masuk, atau sejak pendaftaran online, itu sudah dilakukan, kami sudah verifikasi. Kami juga tetap memantau pelamar yang masuk, sembari kami memeriksa secara online dan secara fisik berkas itu kita seleksi,” ujarnya.

Kemudian untuk diketahui juga, bahwa informasi dari BKN sampai tanggal 20 kami verifikasi berkas, pada tanggal 21 Oktober 2018 sudah ada pengumuman yang lulus administrasi. Selanjutnya penjadwalan untuk test pada tanggal 22-25 Oktober 2018, setelah itu pelaksanaan SKD dimulai pada tanggal 26-17 November 2018, dan untuk pelaksanaan SKB pada tanggal 22-28 November 2018. Selanjutnya penggabungan SKD dan SKB akan dimulai pada tanggal 29 November – 1 Desember 2018, dan terakhir pengumuman bagi perserta yang telah dinyatakan lulus melalui seleksi tersebut pada tanggal 3 Desember 2018, ungkapnya.

Sementara itu, lokasi test CPNS akan dilakukan di SMKN 3 Sumbawa. Sekolah tersebut telah dilakukan survey dari pihak BKN dan memenuhi standar untuk melalukan ujian Cat bagi para peserta calon peserta Pegawai Negeri Sipil (CPNS) tersebut. Dan test Cat tersebut dibagi menjadi 5 sesi, yakni sesi pertama 85 perserta. Sehingga dalam 5 sesi dihari yang sama bisa menjadwalkan peserta yang ikut CPNS sebanyak 425 peserta.

Kemudian untuk diketahui juga, bahwa formasi khusus pelamar CPNS K2 tersebut, hingga saat ini baru masuk daftar secara online maupun fisik hanya 6 berkas yang telah diverifikasi. Yang artinya, dengan waktu yang masih tersisa 5 hari kedepannya, agar para peserta bisa memaksimalkan waktu untuk ikut seleksi pendaftaran CPNS kategori 2 tersebut. Sementara itu, formasi untuk Kategori 2 (K2) sebanyak 58 formasi. (DHY JN)

Loading...