Haruskah Cimenyan Pisah Dari Kab Bandung?, Agus Chepy: Tanyakan Pada Rumput Bergoyang

IMG_20181019_103700

JAYANTARANEWS.COM, Cimenyan

IMG_20180628_215930

Lagi – lagi lontaran kalimat keluar dari sebagian warga Kampung Bojongkacor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung. Masih dengan bahasa yang sama : Haruskah Cimenyan memisahkan diri dari Kabupaten Bandung..?

Setelah JAYANTARANEWS.COM, pada Jum’at menelusuri alasan apa mereka mengungkapkan aspirasinya seperti itu, nyatanya jawabannya simple.

Dulu, mungkin terkait dengan setiap jatuhnya tahun ajaran baru, dimana setiap PPDB SMP maupun SMA, orangtua murid disibukan dengan pendaftaran putra putrinya yang harus menyeberang ke wilayah tetangga, Kotamadya Bandung. Untuk tahun sekarang, Alhamdulillah SMP sudah ada meski masih nginduk gedungnya di Gedung Kelurahan Cibeunying, namun SMA nya..tetap saja ke Kota Bandung.

Persoalan lain, mengenai jalur distribusi pelayanan hal administrasi, khususnya warga Kelurahan Cibeunying.

Bagaimana tidak..? Diantara 31(tiga puluh satu) kecamatan di Kabupaten Bandung, mungkin hanya Kecamatan Cimenyan lah yang sebagian besar warganya menginginkan bergabung ke Kotamadya Bandung, khususnya warga Kelurahan Cibeunying. Kebanyakan warga Cibeunying dari tahun ke tahun tidak jauh menyangkut persoalan pendidikan lanjutan bagi para putra putrinya, selain juga perihal pengurusan pelayanan surat menyurat dengan jarak tempuh yang begitu jauh.

Meski ada Tol Soroja sebagai jalur lintas ke Pemkab Bandung, namun tetap saja menjadi keluhan warga masyarakat, karena tidak semuanya warga masyarakat mempunyai mobil. Ditambah lagi, tarif Tol Soroja juga lumayan tinggi dibanding tarif Tol yang lain. Demikian, Agus Chepy Kurniadi, mewakili aspirasi warga masyarakat Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Jum’at (19/10/2018).

Kami sebagai warga Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung yang tinggal dan berbatasan dengan Kotamadya Bandung sebenarnya sudah jenuh. Bagaimana tidak..? Untuk pengurusan administrasi saja yang berkaitan dan berurusan dengan dinas di Pemkab Bandung, begitu jauh jarak tempuhnya. ” Untuk menuju ke Soreang itu bukan jarak yang dekat loh. Perlu waktu yang benar – benar luang. Belum lagi, stamina kita pun mesti fit, di samping amunisi operasionalnya pun mesti full untuk bekal berkendara di jalan. Celotehan demikian diungkapkan Tahyudin, salah seorang warga Kampung Cijotang Bojongkacor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

 IMG_20181019_104200

Tidak bisa dipungkiri lagi. Meskipun kita berdomisili di wilayah Kabupaten Bandung, namun sebagian aspek ditunjang oleh Kodya Bandung. Sebagian besar warga Cibeunying dari mulai bekerja mencari nafkah, bersekolah…ya di wilayah Kodya Bandung. Apakah ada baiknya kita menjadi warga Kodya Bandung saja.?,” ungkap sebagian warga yang lain dengan polosnya.

Ungkapan warga pun dijawab oleh Agus Chepy Kurniadi, dengan jawaban: Tanyakan saja pada rumput yang bergoyang, hahahaha..celotehnya sambil ketawa mengakhiri obrolan! (Tim JN)

BERSAMBUNG…!!!