Loading...

Peduli Lahan Gundul, Dansektor 22, Maranata & Warga Cimenyan Giat Tanam Pohon

IMG-20181110-WA0236

JAYANTARANEWS.COM, Cimenyan

IMG_20180628_215930

Kegiatan penanaman pohon yang dilaksanakan dibeberapa titik di di wilayah Desa Cimenyan, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, pada Sabtu (10/11/18), mendapat sambutan positif dari warga masyarakat Cimenyan secara umum.

Ditemui JAYANTARANEWS.COM, Sabtu (10/11) di sela – sela kegiatan penanaman pohon, Kol Inf Asep Rahman Taufik (Dansektor 22) yang didampingi Dr dr Diana Krisanti Jasaputra., M. Kes (Dosen Maranata) menjelaskan, bahwa bertepatan dengan Hari Pahlawan 10 November 2018 ini, merupakan wujud dari realisasi semangat perjuangan kepahlawanan yang tertanam pada diri/jiwa mahasiswa untuk menjadi “Pahlawan – pahlawan Lingkungan”. Hal ini karena selaras dengan permasalahan Citarum Harum, dimana banyaknya lahan yang sudah kritis bahkan banyak lahan yang sudah gundul.

IMG-20181110-WA0235

” Lahan yang ada lebih baik mereka tanami holtikultura, sayur sayuran dan lain – lain, daripada menanam pohon yang mengandung nilai – nilai ekologis, yaitu pohon keras,” jelas Asep.

” Mudah – mudahan, kegiatan ini memicu masyarakat akan arti pentingnya menanam kembali hutan”.

IMG-20181110-WA0228

Dilihat di daerah Kabupaten Bandung, seperti daerah Dayeuhkolot, Bale’endah, dan sekitarnya, mereka kebanjiran dan menderita akibat dari gundulnya hutan ini, karena tidak mampu menyerap air, sementara mereka menanam yang bersifat ekonomis saja, ujarnya.

” Mari kita semangat untuk menanam pohon, agar lingkungan kita akan lebih baik lagi. Sekalinya kita jaga hutan, maka hutan akan selamanya menjaga kita dalam rangka menyelamatkan kehidupan generasi penerus yang akan datang,” ajaknya.

IMG-20181110-WA0229

Dr dr Diana Krisanti Jasaputra, M Kes menuturkan, kegiatan ini hasil dari sosialisasi Satgas Citarum Harum dengan para dosen dan mahasiswa/i Maranata yang sudah berjalan 2 bulan, dengan langkah yang terwujud 1300 pohon untuk ditanam dibeberapa titik di wilayah Desa Cimenyan dan sekitarnya. Kami dari Universitas Maranata ingin berperan serta dalam mensukseskan Program Citarum Harum, jadi tidak hanya di dalam kampus saja, tapi ingin melaksanakan giat di lapangan, khususnya di wilayah Kota/Kabupaten Bandung ini. Dan kami berharap, dengan penanaman pohon ini dapat meminimalisir terjadinya longsor dan banjir, dan dikemudian hari pohon ini ada nilai ekonomis dan ekologisnya untuk warga masyarakat, katanya.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut, dari para Dosen Universitas Mahasiswa/i Maranata sekitar 600 orang, Sekcam Kecamatan, Kades Cimenyan, Lurah Cibeunying, Danramil Lembang, Satpol PP, Muspika, LPM Cibeunying, komponen masyarakat dan Satgas Citarum Harum.

(Yudin/Basan JN)

Loading...