Loading...

Joko Trio Suroso Caleg Dapil X DPRD Jabar, Atas Rasa Empati Berusaha Bantu Wong Cilik

IMG_20181211_163239

JayantaraNews.com, Bandung

Joko Trio Suroso, Pria yang memiliki latar belakang pendidikan Komunikasi, Hukum, Manajemen dan Bisnis ini, memang boleh dibilang memiliki segudang prestasi.

Atas segala track record nya yang sangat luar biasa itu, Joko Trio Suroso ingin mengabdikan dirinya untuk kemaslahatan bersama. Ia ingin membagikan ilmu dan pengalamannya melalui beberapa program yang akan ia bawa.

Untuk itu, atas dukungan beberapa pihak, baik dari keluarga, rekan – rekan dan beberapa elemen masyarakat, Ia berniat maju di Pileg 2019 untuk DPRD Jawa Barat Dapil X Karawang – Purwakarta dari PDI Perjuangan, nomor urut 2.

Banyak program yang harus segera diimplementasikan agar segera bisa terwujud. Terutama di daerah pemilihannya, yakni Kabupaten Purwakarta dan Kabupaten Karawang, serta Jawa Barat pada umumnya. ” Peningkatan pendidikan dan ekonomi bagi warga menjadi yang paling utama untuk diperjuangkan,” tandasnya.

IMG-20181211-WA0154

Sorotan terkait pendidikan itu perlu, mengingat pendidikan kita masih sedikit tertinggal dibandingkan dengan negara lain. ” Saya inginkan pendidikan, terutama di Purwakarta, dan Jawa Barat umumnya bisa lebih berkualitas, agar melahirkan generasi yang mampu bersaing dan berkarakter,” diungkapkan Joko, ditemui JayantaraNews.com, di Coffee Tag Citarum, Kota Bandung Jawa Barat, Selasa (11/12/2018).

Begitu pun masalah ekonomi, lanjut Joko. Menurutnya, masih timpangnya ekonomi, dengan kondisi yang tidak merata, jelas memicu terjadinya masalah di masyarakat. ” Perlu diberdayakan dengan menciptakan peluang usaha,” katanya.

Adapun terkait dengan Slogan “Berusaha Bahagia’in Kamu”, ” Saya ingin sebaik mungkin, bangaimana caranya kita bisa membantu. Karena saya empati. Jadi bagaimana kita bisa merasakan segala keluhan masyarakat bawah?, kalau tidak diselami,” ulasnya.

IMG_20181211_164338

Dosen UNLA jurusan Fakultas Hukum dan murah sesyum ini, merasa sangat empati, karena begitu banyaknya masyarakat yang masih hidup dengan keterbatasan. ” Saya sering ketemu dengan tukang baso, ya kita bantu dengan kasih gerobak baso,” ungkapnya.

Contoh Karawang, suatu wilayah yang sangat dekat dengan ibu kota, tapi nyatanya masih banyak ketimpangan masalah ekonomi dan sosial. ” Suatu hal yang tidak disangka. Pengangguran lumayan banyak, anak jalanan juga banyak. Sampai adanya Bank Emok (rentenir-red)”.

” Anak – anak muda sekarang, kecenderungannya jadi pegawai atau PNS, untuk jadi petani kebanyakan pada ngga mau,” imbuhnya.

Saat ditanya terkait wakil rakyat, seandainya Ia jadi, Joko menuturkan, para anggota dewan itu mesti berbuat, jangan sampai masyarakat apatis.

Adapun terkait isu panas, apa kiat – kiatnya,” Saya ingin mengembangkan empati dengan membawa misi untuk wong cilik, memang tidak semudah itu, semua perlu proses. Namun sekemampuan saya, berusaha untuk membantu,” demikian Joko Trio Suroso sampaikan.

Program utamanya, dia bercita – cita seribu gerobak untuk pengembangan wira usaha para tukang baso, pungkasnya. (Tim JN)