Loading...

Kodim 1606 Bantu POLRI Kondusifkan Pilkades Serentak LOBAR

IMG_20181210_195418

JayantaraNews.com, Mataram

Senin (10/12) Kabupaten Lombok Barat, menyelenggarakan Pemilihan Kepala Desa secara serentak. Kaitan dengan itu, aparat TNI dari Kodim 1606/Lobar membantu Kepolisian dalam pengamanan pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa secara seretak di Kabupaten Lombok Barat.

Dandim 1606/Lobar Letnan Kolonel Czi Joko Sumanto, S.IP, disela – sela kesibukannya menyampaikan, bahwa terkait pengamanan Pemilihan Kepala Desa secara serentak di Kabupaten Lombok Barat, para Babinsa sudah langsung turun ke lapangan. ” Para Babinsa di masing – masing desa sudah langsung turun membantu mengamankan jalannya rangkaian Pemilihan Kepala Desa,” ungkapnya.

Dikatakannya, dari laporan para Babinsa melalui Danramil dimasing – masing wilayah, hingga saat ini pelaksanaan Pilkades masih berjalan aman dan lancar. ” Pelaksanaannya masih berjalan aman dan lancar, dan ini memang yang kita sama – sama harapkan,” sebut Akmil lulusan 98 tersebut.

Dalam pemilihan ini, sambungnya, masyarakat bebas menentukan pilihannya terhadap calon yang sudah ditetapkan oleh masing – masing penyelenggara tanpa ada paksaan, intimidasi maupun pengaruh dari luar, karena ini dijamin oleh Undang Undang. ” Jadi gunakan hak pilihnya sesuai dengan pilihan hati, jangan terpengaruh,” imbaunya.

Orang nomor satu di jajaran Kodim 1606/Lobar tersebut berharap, agar pasca penghitungan suara, siapapun yang terpilih jangan terlalu ber’euforia, namun harus bersyukur, dan bagi calon kepala desa yang tidak terpilih, agar menerima dengan lapang dada dan legowo, sehingga keamanan dan ketertiban di desa tetap terjaga dengan baik. ” Namun jika tidak menerima hasil penghitungan suara, ada mekanisme yang harus dilakukan sesuai prosedur yang sudah ditentukan,” pungkasnya.

Terpisah, Kepala Penerangan Korem 162/WB Mayor Inf Dahlan, S.Sos menyampaikan, hari ini di Kabupaten Lombok Barat melaksanakan Pemilihan Kepala Desa secara serentak di 77 desa dan di Desa Timu, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, juga hari ini menggelar penyampaian visi dan misi para calon kades.

” Pemilihan Kepala Desa memiliki beberapa tahapan, sama seperti pemilihan pada umumnya, antara lain pendaftaran para calon, verifikasi para calon, penetapan calon, penyampaian visi misi, pemilihan dan penetapan hingga pelantikan,” jelasnya.

Kaitan dengan itu, lanjut pria kelahiran Sumbawa Barat ini, para Babinsa Kodim tetap mengikuti, memantau dan melaporkan perkembangannya tahap demi tahap hingga pelantikan dan resmi menjadi kepala desa.

” Semoga dalam pelaksanaan pemilihan kades secara serentak maupun tahapan, penyampaikan visi dan misi nya ini dapat berjalan aman dan lancar sesuai harapan kita bersama,” pungkasnya. (Dhy)