Raperda Miras Pangandaran Diparipurnakan, Pengecer Harus Rekomemdasi MUI

IMG-20181205-WA0288

JayantaraNews.com, Pangandaran

Rancangan Peraturan Daerah (RAPERDA) tentang Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol, Senin (3/12), telah diparipurnakan oleh Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Pangandaran, bertempat di ruang rapat paripurna.

Sebelum diparipurnakan, Raperda tersebut telah dibahas terlebih dahulu oleh Panitia Khusus (PANSUS) VI DPRD, sebanyak 13 anggota DPRD dengan melibatkan stakeholder, juga konsultasi dan kunjungan kerja, serta rapat sinkronisasi dengan unsur pimpinan di DPRD.

“ Perda Pengendalian dan Pengawasan Minuman Beralkohol dinilai perlu untuk melindungi masyarakat dari dampak negatif mengkonsumsi minuman beralkohol,” ujar Ketua DPRD Pangandaran, Iwan M Ridwan kepada awak media usai rapat paripurna.

Pada Pasal 20 ayat (4) Peraturan Menteri Perdagangan Nomor 20/M-DAG/PER/4/2014 dijabarkan bupati/walikota dan gubernur dapat membatasi peredaran minuman beralkohol di wilayah kerjanya melalui Peraturan Daerah.

“ Hasil dari pembahasan Pansus VI, minuman beralkohol hanya bisa dijual di hotel bintang 3, hotel bintang 4, hotel bintang 5, di restoran dengan tanda talam kencana dan talam selaka, seperti bar, pub, club malam dan tempat tertentu lainnya,” urainya.

Sementara, lanjut Iwan, khusus untuk para pengecer minuman beralkohol, harus memenuhi beberapa persyaratan, yaitu harus menyertakan tanda daftar usaha pariwisata, foto kopi surat izin lingkungan dan fotokopi rekomedasi dari Majelis Ulama Indonesia (MUI). Hal tersebut dilakukan, tidak lain untuk mengendalikan peredaran minuman beralkohol, agar tidak dijual sembarangan di warung – warung secara terbuka, paparnya.

Peredaran minuman beralkohol memang sulit untuk dilarang, tapi, paling tidak peredarannya masih bisa untuk diminimalisir. ” Kita tidak bisa membuat peraturan dengan melangkahi aturan yang lebih tinggi, tapi kita bisa membuat aturan seketat mungkin,” pungkasnya. (Nana JN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here