Jelang Pemilu 2019, KPU Pangandaran Buka Pendaftaran Relawan Demokrasi

IMG-20190112-WA0250

JayantaraNews.com, Pangandaran

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pangandaran, membuka pendaftaran Relawan Demokrasi (RELASI) untuk Pemilu 2019.

Pendaftaran dibuka selama 3 (tiga) hari pukul 08:00 sampai dengan pukul 16:00 WIB, mulai tanggal 14 hingga 16 Januari 2019 mendatang.

Proses pendaftaran dilakukan di Kantor Sekretariat KPU, yang beralamat di Jalan Raya Cibenda No 68 Parigi, Dusun Budiasih, Desa Cibenda, Kecamatan Parigi, Kabupaten Pangandaran.

Ketua KPU Pangandaran Muhtadin menjelaskan, program relawan demokrasi adalah gerakan sosial yang dimaksudkan untuk meningkatkan partisipasi dan kualitas pemilih dalam menggunakan hak pilih. Program ini melibatkan peran serta masyarakat yang seluas – luasnya, dimana mereka ditempatkan sebagai pelopor (pioner)
demokrasi bagi komunitasnya.

Relawan demokrasi menjadi mitra KPU dalam menjalankan agenda sosialisasi dan pendidikan pemilih berbasis kabupaten/kota, bentuk peran serta masyarakat ini diharapkan mampu mendorong tumbuhnya kesadaran tinggi serta tanggung jawab penuh masyarakat untuk menggunakan haknya dalam Pemilu secara optimal.

” Dalam kegiatan Pemilu tahun 2019, dibutuhkan relawan demokrasi yang mewakili 11 basis, yaitu; Keluarga, Pemilih Pemula, Kelompok Agama, Kelompok Perempuan, Penyandang Disabilitas, Warga Internet, Relawan Demokrasi, Muda, Berkebutuhan Khusus, Kaum Marginal, dan Komunitas,” urainya.

Adapun yang dibutuhkan untuk menjadi relawan demokrasi adalah 55 orang, yang terbagi di sepuluh kecamatan, dengan rincian sebagai berikut:

1. Kecamatan Padaherang : 7 orang
2. Kecamatan Mangunjaya : 5 orang
3. Kecamatan Kalipucang : 5 orang
4. Kecamatan Pangandaran : 5 orang
5. Kecamatan Sidamulih : 5 orang
6. Kecamatan Parigi : 5 orang
7. Kecamatan Cijulang : 5 orang
8. Kecamatan Cimerak : 6 orang
9. Kecamatan Langkaplancar : 7 orang
10. Kecamatan Cigugur : 5 orang�

(Nana JN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here