Satres Narkoba Polres LU, Temukan Lahan Pembibitan & Penanaman Narkotika

IMG-20190112-WA0094

JayantaraNews.com, Lombok Utara

Tim Opsnal Satres Narkoba Polres Lombok Utara, berhasil menemukan pembibitan dan penanaman Narkotika golongan 1 jenis Ganja di pekarangan rumah warga di Dusun Dasan Tengak, Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara, Jum’at (11/1/19).

Temuan pembibitan dan penanaman Narkotika ini, berdasarkan informasi dari masyarakat, di sekitaran tanah pekarangan seluas kurang lebih 5 Are atau seluas 500 meter di Dusun Dasan Tengak, Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Adanya informasi yang menanam pohon, yang diduga Narkotika jenis pohon Ganja, selanjutnya Kasat Res Narkoba beserta Tim Opsnal melakukan penyelidikan selama kurang lebih 4 (empat) hari, untuk memastikan kebenaran informasi dari masyarakat tersebut.

Setelah mendapatkan kebenaran informasi tersebut, Kasat Res Narkoba bersama Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Lombok Utara mendatangi lokasi yang diduga sebagai tempat penanaman pohon ganja untuk dilakukan pengecheckan.

Kapolres Lombok Utara AKBP Herman Suriyono, S.IK, MH menjelaskan, bahwa tempat penanaman Ganja ini ditemukan di lahan yang tidak terlalu luas, namun tersembunyi, yaitu di pekarangan dekat rumah salah satu tersangka di Dusun Tengak, Desa Jenggala, Kecamatan Tanjung, Kabupaten Lombok Utara.

Dari kasus ini, lanjut Kapolres, pihaknya berhasil mengamankan 2 (dua) orang tersangka, yakni RD (32) yang berperan melakukan pembibitan, sementara AA (25) yang berperan menanam bibit Ganja tersebut.

“ Selain itu, diamankan pula barang bukti berupa 20 batang pohon Ganja sedang, pupuk urea serta peralatan pertanian. Pengetahuan para tersangka ini dalam membudidayakan Ganja berasal dari Otodidak,” ujar AKBP Herman Suriyono.

Dalam kasus ini, pelaku dijerat dengan Undang Undang Narkotika Pasal 114, dengan ancaman kurungan 15 tahun. (Lonk)