Loading...

Bupati Tanam Pohon Aren Di Lokasi Taman Wisata Karang Gantungan

IMG-20190421-WA0126

JayantaraNews.com, Kab Bandung

Untuk menjadikan wilayah Kecamatan Paseh sebagai kampung wisata alam, maka perlu adanya perbaikan yang signifikan dan pencegahan bencana alam longsor. Maka untuk hal itu, Bupati Bandung Dadang Naseer mengadakan penanaman pohon aren dan mahoni agar lokasi wisata alam dan Wisata Satwa Karang Gantungan Desa Karangtunggal, Kecamatan Paseh, Kabupaten Bandung.

Penanaman pohon aren sebanyak 400 pohon, dan mahoni sebanyak 250 pohon tersebut, diharapkan dapat mengakomodir tempat wisata Karangtunggal agar menjadi tempat wisata yang mencerminkan kampung wisata.
Seperti diungkapkan Bupati Bandung Dadang Naseer,” Penanaman pohon ini dilakukan agar tempat Wisata Alam Karang Gantungan bisa menjadikan wisata alam yang sejuk dan teduh, agar minat wisatawan terus bertambah dan menjadikan kampung wisata yang ramah,” ungkap Kang DN, sapaan akrab Bupati Dadang Naseer.

Disisi lain, dalam pengembangan Kampung Wisata Karang Gantungan, terkendala oleh anggaran, dimana perhatian pemerintah sangat kurang dalam pengembangan kampung wisata dimaksud.

Dengan adanya penanaman pohon aren dan mahoni ini, diharapkan akan menjadikan sebagai kampung wisata teduh dan kampung wisata yang diminati wisatawan lokal.

Camat Paseh Komarudin mengatakan,” Untuk pengembangan kampung wisata dalam penanaman pohon aren ini, diharapkan juga menjadi wisata alam, agar dapat memberikan pemahaman kepada wisatawan dalam pengelolaan hasil pohon aren,” ungkap Komarudin.
” Selain itu juga, saya harus mengadakan pelatihan terlebih dahulu kepada warga, tentang cara-cara mengolah pohon aren, sehingga bermanfaat untuk pembuatan gula dan sebagainya. Sedangkan untuk mendongkrak wisatawan yang ingin menginap, maka rencananya di sini akan dibangun home stay, agar wisatawan yang ingin menginap sudah tersedia home stay,” jelas Camat Paseh Komarudin.

Dengan akan dikembamgkannya tempat wisata Karang Gantungan, diharapkan dapat mendongkrak wisatawan dari berbagai daerah dan menjadikan sumber ekonomi bagi masyarakat setempat. Selain itu agar dapat menjadikan sumber PAD bagi pemerintahan setempat.

Dengan adanya penanaman pohon yang dilakukan oleh Bupati Dadang Naseer ini, diharapkan, alam menjadi teduh dan tempat wisata menjadi berkembang, selayaknya tempat wisata alam yang lainnya.
” Saya akan berupaya sepenuhnya untuk menjadikan Wisata Alam Karang Gantungan menjadi kampung wisata yang mampu berdiri sendiri, bahkan dengan adanya kolam renang yang kini telah berfungsi sebagai pendongkrak wisata dengan kapasitas yang memadai,” terangnya. (Asep Setiawan)