Jelang Rekapitulasi, Kustiwa (Ketua PPK Kec Cimenyan): Semoga Semua Kondusif

IMG_20190419_201449

Foto: Suasana persiapan rekapitulasi di ruang PPK Kecamatan Cimenyan

JayantaraNews.com, Cimenyan

IMG_20190419_203046

Foto: Kustiwa Suhendar, S.Sos, Ketua PPK Kecamatan Cimenyan

Sebagaimana mengikuti alur tahapan rekapitulasi, yakni tahapan penghitungan dan rekapitulasi suara yang tertuang dalam PKPU Nomor 7 Tahun 2019 tentang Perubahan Ketiga atas Peraturan KPU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Tahapan, Program, dan Jadwal Penyelenggaraan Pemilihan Umum Tahun 2019.

Berikut tahapannya:

1. Penghitungan suara di TPS

Proses ini berangkat dari tingkat TPS. Penghitungan suara dilakukan sejak TPS ditutup dan selambat-lambatnya selesai pada Kamis (18/4/2019) pukul 12.00 waktu setempat.

Selanjutnya, berita acara, hasil penghitungan suara, alat kelengkapan dari TPS diserahkan ke Panitia Pemungutan Kecamatan (PPK). Proses ini dilakukan dalam kurun waktu 17-18 April 2019.

2. Rekapitulasi di kecamatan

Tahapan dilanjutkan dengan rekapitulasi dan penetapan hasil penghitungan suara di tingkat kecamatan, mulai 18 April hingga 4 Mei 2019.

IMG_20190419_201337

” Besok kita akan gelar rapat rekapitulasi tingkat kecamatan dari mulai jam 8 pagi. Untuk pembacaan berita acara, nantinya akan disaksikan oleh Panwas, dan Bawaslu. Setelahnya kita buka tiga ruangan, sistem paralel. Rencana 3 desa dulu, dari mulai Desa Mekarsaluyu, Desa Mandalamekar, dan Desa Cimenyan”. Demikian disampaikan Kustiwa Suhendar, S.Sos, selaku Ketua PPK Kecamatan Cimenyan, mengawali bincangannya di sela-sela kesibukan hadapi persiapan, ditemui JayantaraNews.com, Jum’at malam (19/4/19).

” Sampai malam ini sudah ada 8 surat mandat dari beberapa saksi Pilpres, saksi DPD dan saksi Parpol,” imbuh Kustiwa.

Kita akan buka 3 ruang, dan akan memohon peminjaman gedung ke pihak kecamatan, mengingat akses jalan yang kurang memadai ke arah gudang. Tanahnya berlumpur karena musim hujan, agar proses dalam pelaksanaanya berjalan aman, nyaman dan lancar, ulasnya.

IMG_20190419_201501

Ketika ditanya, apakah dalam pelaksanaan menjelang dan usai Pemilu ada kendala?, Kustiwa menjawab,” Alhamdulillah, sampai saat ini masih kondusif. Karena kita sudah crosscheck ke lapangan, tidak ada trouble,” sebutnya.

” Target kita, perhitungan dari mulai tanggal 22 April 2019 hari besok, sampai tujuh hari ke depan, mudah-mudahan tercapai”.

” Perekapan akan kita bagi dua, yakni merekap perolehan suara setiap TPS dalam wilayah 1 desa, setelahnya lanjut ke perekapan per-kecamatan, sistem paralel,” ujar Kustiwa lagi.

Pembacaan pun berurut, dari atas dulu, dari mulai Presiden, DPD RI, DPR RI, DPRD Provinsi, baru DPRD Kabupaten, tutupnya.

” Semoga semuanya berjalan dengan kondusif, tanpa kendala suatu apa. Mohon dukungannya dari seluruh masyarakat Cimenyan khususnya, agar dalam pelaksanaan rekapitulasi tersebut berjalan aman, nyaman dan lancar, sesuai keinginan kita semua,” harapnya. (Tim)