Akui Salah, PT HAY Pasrah Saluran Limbahnya Ditutup Satgas Citarum Sektor 21

IMG_20180609_231843

JAYANTARANEWS.COM, Kab Bandung

FB_IMG_1515036941798

Menjelang libur panjang, DanSektor 21 Kol Inf Yusef Sudrajat, kembali menutup lubang saluran pembuangan limbah PT How Are You yang berdomisili di Jalan Raya Nanjung Leuwi Gajah, Kelurahan Utama Cimahi.

Perusahaan yang luasnya sekitar 4 hektar lebih dan mempunyai pengolahan IPAL 2000 M2 ini, membuang limbahnya yang berwarna hitam pekat langsung ke Anak Sungai Cimahi.

IMG_20180609_231830

Saluran pembuangan yang berdiameter 30 Cm ini tanpa ampun langsung ditutup Satgas Citarum. Mirisnya, ketika dilakukan penutupan saluran, ditemukan beberapa ikan nila yang mati akibat kerasnya limbah yang dibuang. Padahal, Aliran Sungai ini juga dipergunakan warga untuk mengairi pertaniannya.

Untuk melihat langsung saluran pembuangan limbahnya, DanSektor 21 serta Satgas Citarum juga Jurnalis yang bergabung di JPC (Jurnalis Peduli Citarum), harus berjalan kaki sejauh 1 Km melalui ladang milik warga. ” Ini lah bukti kalau perusahaan belum sepenuhnya sadar akan lingkungan, Satgas Citarum tidak pernah menutup Pabrik, tapi Satgas bekerja sesuai dengan amanat Perpres 15 yang mengharuskan Satgas Citarum mengembalikan Ekosistem Daerah Aliran Sungai Citarum,” tegas DanSektor 21 di sela – sela penutupan saluran limbah PT HAY, Sabtu (9/6).
” Jangan salah, walaupun saluran pembuangan limbahnya jauh dan masuk ke pelosok, tapi kami akan terus lakukan pengamatan, apalagi sekarang sudah banyak warga masyarakat yang membantu Satgas Citarum, mereka akan melaporkan temuannya ke Satgas Citarum, jadi tidak akan lolos,” tambahnya.

Setelah melakukan penutupan saluran, DanSektor 21 beserta rombongan masuk ke dalam pabrik. Tadinya semua pegawai yang ada memberitahukan kalau pemilik perusahaan Mr Liu sedang keluar, setelah DanSektor mengatakan bahwa Satgas sudah melakukan penutupan saluran, tidak lama kemudian Mr Liu keluar dari belakang pabrik.

Ketika dikonfirmasi, Mr Liu mengakui kesalahannya membuang limbah yang belum sempurna ke Anak Sungai Cimahi,. ” Saya minta maaf, saya membuang limbah yang belum maksimal diolah ke Sungai Cimahi, itu karena perusahaan kami sedang dilakukan perbaikan, diusahakan sebelum tanggal 25 penambahan instalasi limbahnya sudah selesai diperbaiki,” ungkapnya kepada DanSektor 21.

” Silahkan dilihat lagi nanti, mudah – mudahan tanggal 25 sudah selesai,” pungkasnya. (Rie 036 JN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here