Asep Muhammad, Ketua BMI Kabupaten Bandung.

IMG_20170601_213018
PERINGATAN KALI INI, ENERGI BESAR UNTUK MEMBUMIKAN NILAI-NILAI PANCASILA

KAB.BANDUNG – reportasejabarnews.com

“Kami melihat peringatan hari lahir Pancasila saat ini menjadi energi besar bagi Pemerintah dan rakyat Indonesia untuk lebih membumikan Pancasila,” demikian dikatakan Asep Muhammad, Ketua Banteng Muda Indonesia (BMI) Kabupaten Bandung, usai melaksanakan upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni, di halaman parkir Kantor PDIP Kabupaten Bandung, Kamis (1/6/2017).

IMG_20170601_212952

Menguatnya isu sara akhir-akhir ini menimbulkan kekhawatiran adanya ancaman terhadap persatuan dan kebersamaan masyarakat Indonesia.

Dilain sisi, peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini memang dirasa berbeda, lantaran untuk pertama kalinya dalam sejarah Republik Indonesia, peringatan Hari Lahir Pancasila ditetapkan Pemerintah sebagai hari libur nasional.

Penetapan hari libur nasional tersebut berdasarkan Keputusan Presiden Joko Widodo Nomor 24 Tahun 2016, tertanggal 1 Juni 2016 tentang Hari Lahir Pancasila.

Dalam Keputusan Presiden itu ditetapkan tanggal 1 Juni 1945 sebagai Hari Lahir Pancasila dan peringatan Hari Lahir Pancasila merupakan hari libur nasional sejak 1 Juni 2017.

Asep menjelaskan, Hari Lahir Pancasila sudah memasuki peringatan yang ke- 72 tahun tetapi peringatannya secara nasional baru tahun ini.

“Ini menjadi gambaran, Pemerintah sekarang memiliki fokus besar atas penerapan Pancasila dalam kehidupan masyarakat dan seluruh komponen bangsa. Ini sangat penting, apalagi kita tahu akhir-akhir ini ramai soal isu sara. Jadi kita balik ke semangat Pancasila yang bicara persatuan dalam perbedaan,” ujarnya.

Upacara peringatan Hari Lahir Pancasila oleh BMI Kabupeten Bandung berlangsung sederhana dan khidmat.

Upacara diikuti Pengurus BMI Kabupaten Bandung, pengurus anak cabang serta pelajar.

Peringatan Hari Lahir Pancasila ke- 72 tahun ini dilakukan di seluruh Indonesia melalui berbagai kegiatan, mulai dari pernyataan sikap, upacara hingga pertunjukan wayang.

Pemerintah juga menyelenggarakan Pekan Pancasila pada 29 Mei hingga 4 Juni 2017 untuk meramaikan Hari Lahir Pancasila, dengan tema Saya Indonesia, Saya Pancasila.

Tak ketinggalan, masyarakat juga diajak ikut mendukung dan menyemarakan Peringatan Hari Lahir Pancasila tahun ini melalui penggunaan tanda pagar (#) #PekanPancasila, #SayaPancasila,#PancasilaReborn, #KenalPancasila, #PancasilaPunyaKita, #PancasilaSatu, #Pancasila2017 melalui kegiatan atau foto di masing-masing jejaring sosial.

Semoga gempita menggelorakan Pancasila tidak sebatas retorika. Tapi mewujud jadi kenyataan yang membawa manfaat nyata bagi Indonesia.

Seperti kata penyanyi kondang Iwan Fals dalam penggalan syair lagunya berjudul “Bangunlah Putra Putri Pertiwi” Yang mengatakan Pancasila itu, bukanlah rumus kode buntut yang hanya berisi harapan, yang hanya berisi khayalan.
(Didoe RJ)