“DANG IKE” (MANTAN KAPOLDA LAMPUNG) DI PELANTIKAN BPI KPN-PA RI BENGKULU MERASA PRIHATIN ATAS MARAKNYA KORUPTOR !

BENGKULU – reportasejabarnews.com

Staff Ahli Kapolri Bidang Sosial Politik, Irjen Pol. Dr. H. Ike Edwin, MH, MM turut menghadiri Pelantikan BPI KPN-PA RI (Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara Pengawas Anggaran) Republik Indonesia dan Seminar Nasional dengan tema “Negara Hancur, Radikalisme Koruptor Menjamur dan Tata Negara Tak Teratur, Rabu (24/5/2017). Selain itu, hadir pula para Petinggi Negara, diantaranya : Kemenko Polhukam RI, Kemendagri RI, Kemendes PDT RI, KPK RI, BNN RI serta Muspida Provinsi Bengkulu.

IMG_20170524_234202

Irjen Pol. Dr. H. Ike Edwin, MH, MM dalam sambutannya mengutarakan, maraknya koruptor yang terjadi pada pejabat di negeri ini karena sudah mulai langkanya mengangkat kearifan adat istiadat dan tata krama.

“Sekarang banyak dari kita yang sudah lupa dengan kearifan lokal dan adat istiadat warisan leluhur kita, tata krama, sopan santun. Dulu zamannya orang tua kita, kalau ada orang yang mau lewat, pasti nunduk sambil bilang permisi, orang Sumatra / Lampung, Bengkulu bilang Tabek. Orang Jawa bilang Kulo Nuwun atau Nuwun Sewu. Hal demikian karena saking menghormati orang. Ajaran jangan mengambil milik orang juga ditanamkan sejak kecil oleh orang tua kita dulu, misal hendak ngambil jambu /mangga itu harus ngomong sama yang punya, ya izin dulu, nggak baik nak, kalau nggak izin dosa, dan lain sebagainya,” ujar Mantan Kapolda Lampung ini.

Mengenai maraknya korupsi yang kian merajalela, menurut Dang Ike (panggilan akrab Irjen. Pol. Ike Edwin), memang sangat memprihatinkan, saat pejabat terkenal muncul di TV, sementara anak-anak sekarang pun sudah pada tahu bahwa itulah maling-maling uang rakyat, sehingga koruptor pun adalah insiden pelajaran buruk bagi anak-anak kita.

“Hampir di Lembaga Negara sudah pernah korup. Sebut saja Eksekutif, Yudikatif dan Legeslatif. Semua kena kasus korupsi, bahkan banyak yang tersandung narkoba. Harapan saya, semoga BPI KPN-PA RI yang dilantik ini akan menjadi contoh / tauladan bagi pemuda dan masyarakat Bengkulu sehingga menjadi Garda terdepan sebagai Lembaga yang Anti Korupsi dan Anti Narkoba,” tegasnya.