DanSektor 21: LALAI Cemari Sungai Cibabat, Pembuangan Limbah PT BWI & Gede Indah Cimahi DiCOR!

IMG_20180608_044558

JAYANTARANEWS.COM, Cimahi

FB_IMG_1515036941798

Ibarat sebuah ungkapan, Lalai berakibat Fatal. Demikian juga yang terjadi di PT Gede Indah Kota Cimahi. Alih – alih, akibat kelalaian karyawan yang sedang bekerja shift malam saat mengolah limbah dan hanya karena ketiduran, akibatnya, pengolahan limbah tidak terkontrol dan membuat Anak Sungai Cibabat tercemar.
Naasnya lagi, pada saat limbah mengalir ke Anak Sungai, diketahui oleh Satgas Citarum yang sedang melakukan pengawasan. Jelas saja, kejadian tersebut langsung dilaporkan Satgas Citarum ke DanSektor 21.

IMG_20180608_044344

Ke’esokan harinya, Kamis (7/6),  DanSektor 21 Kol Inf Yusef Sudrajat beserta anggota Satgas langsung melakukan PENGECORAN.

Ada 2 (dua) Pabrik yang mengalami nasib sial karena ketahuan membuang limbah malam hari, yaitu PT Benang Warna Indonusa dan PT Gede Indah. Keduanya berada di Jalan Industri Kelurahan Utama, Kecamatan Cimahi Selatan.

Turut menyaksikan Pengecoran, yakni Aster III Kodam Siliwangi Kol Adri, dan pihak dari PT Gede Indah Theresia, sementara dari PT Benang Warna Indonusa tidak ada yang menyaksikan.

Ketika dimintai keterangan oleh JAYANTARANEWS.COM, Theresia membantah, kalau pabriknya selama ini selalu membuang limbah yang belum di olah. ” Pabrik kami tidak pernah membuang limbah sekotor itu. Hanya tadi malam, karyawan bagian pengolahan limbahnya ketiduran, jadi tidak terkontrol air limbah yang keluar. Kita akui salah. Kejadian malam tadi membuat pabrik kami harus ditutup pembuangannya,” tepisnya.

Pada saat menyaksikan Pengecoran, Kol Adri turut menegaskan, bahwa semua sudah diberi peringatan awal, semua proses ditempuh. ” Apa harus ada korban lagi dengan pencemaran ini. Harapan saya dengan banyaknya pabrik yang ditutup pembuangan limbahnya, akan menjadi efek jera kepada pabrik – pabrik lainnya agar tidak membuang limbahnya sembarangan lagi. Mari kita sama – sama bekerja, kita sering lakukan evaluasi, hal positif harus diikuti,” tegasnya. (Rie 036 JN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here