Gunakan Aplikasi Ala “Jaman Now” Untuk Tanggulangi Cuaca Ekstrim Di Hutan

IMG_20171213_232401

Bandung – Jayantara News

IMG_20171213_091323

Jika istilah “Jaman Now” dikaitkan dengan digitalisasi di banyak bidang, maka dunia Kehutanan pun tak ketinggalan.

Kecanggihan teknologi berbasis internet digunakan Komarudin, Administratur Perhutani, KPH Bandung Utara, untuk menanggulangi resiko akibat bencana yang terjadi di wilayah hutan.

“Perhutani itu bermain di alam ada resiko alam, untuk antisipasinya kita gunakan aplikasi informasi berbasis geografi,” ujar pria penghobi olah raga offroad ini, di Bandung, Senin (11/12/2017).

Penggunaan aplikasi online terbukti ampuh. Saat cuaca ekstrim melanda kawasan Cikole, dapat dideteksi dini. Hal ini membuat skema penanggulangan dampak cuaca ekstrim berjalan dengan baik.

“Informasi online berbasis geografis ini akurat. Kaya sekarang musim hujan, kita terus update perkembangan cuaca. Jadi kalau ada info cuaca ekstrim, kita bisa cepat melakukan langkah antisipasi ,” tandasnya.

Di samping aplikasi online, teknologi seperti drone juga digunakan Perhutani Bandung Utara hingga memantau keadaan wilayah hutan.

Sementara itu dalam pelaksanaanya, penanggulangan dampak cuaca ekstrim dilakukan Perhutani dengan menggandeng badan penanggulangan bencana daerah serta elemen masyarakat. (Didoe JN)