Hadiri Nuras, Bupati Bandung: Nya’ah Ka Bandung, Mulang Ka Indung, Nyawangan 1000 Kampung

IMG-20180916-WA0183

JAYANTARANEWS.COM, Bandung

IMG_20180628_215930

Bupati Bandung Dadang M Naser, membuka acara Nuras yang diadakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bandung, yang digelar di Desa Citaman, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung.

Dalam kegiatan itu, Bupati Bandung berpendapat, bahwa dengan adanya kegiatan Nuras ini, kita tingkatkan Program Desa Wisata, dengan menjadikan desa sebagai tempat wisata. Selain itu juga, dengan menjadikan desa sebagai desa wisata, maka tingkat ekonomi masyarakat sekitar sedikitnya akan lebih meningkat.

IMG-20180916-WA0182

Menurut Bupati dalam sambutannya mengatakan,” Kita ciptakan Kabupaten Bandung sebagai kabupaten wisata, dan kampung adalah objek wisata yang paling diminati masyarakat diera sekarang ini. Maka dari itu, kita sebagai masyarakat desa, kita ciptakan “Nyaah Ka Bandung, Mulang Ka Indung, Nyawangan 1000 Kampung,” jelas Kang DN sapaan akrabnya.

Masih menurut Bupati,” Kita ciptakan 1000 kampung dengan destinasi wisata andalan yang dapat memberikan kontribusi yang cukup demi terciptanya masyarakat desa yang maju dan berkembang. Selain itu juga, kegiatan Nuras ini diharapkan adanya pelestarian mata air agar bisa dijadikan tempat wisata air,” paparnya.

Acara Nuras yang dilaksanakan di Kampung Nenggeng, Desa Citaman, Kecamatan Nagreg, Kabupaten Bandung itu, adalah salah satu awal dibukanya Desa Wisata Nenggeng.

Dalam pembukaan desa wisata itu dihadirkan pula berbagai Seni Budaya Sunda, juga penampilan masyarakat setempat dalam pagelaran seni dan budaya. Seperti yang diungkapkan Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agus Firman Zaini. ” Kegiatan Nuras ini adalah sebagai kegiatan pembukaan wisata air, dimana wisata mata air harus dapat dikembangkan agar wisata air Nenggeng menjadi wisata kampung yang indah, dan berkembang. Maka dari itu, kepada masyarakat yang mempunyai mata air untuk tidak menjual kepada orang – orang pelaku bisnis, agar mata air terjaga dan terawat oleh masyarakat,” jelas Kadisbudpar Agus Firman Zaini.

(Asep BOM)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here