FB_IMG_1491907556906

CIMENYAN, Reportase JABAR

Diantara 31(tiga puluh satu) kecamatan di Kabupaten Bandung, mungkin hanya Kecamatan Cimenyan lah yang sebagian besar warganya menginginkan bergabung ke Kotamadya Bandung, khususnya warga Kelurahan Cibeunying. Pasalnya, berdasarkan data dari buku Kecamatan Cimenyan dalam Angka Tahun 2016 yang dikeluarkan Badan Pusat Statistik Kabupaten Bandung, terungkap, jumlah penduduk Kecamatan Cimenyan mencapai 115.476 jiwa. Sementara keluhan dari kebanyakan warga Cibeunying dari tahun ke tahun tidak jauh menyangkut persoalan pendidikan lanjutan bagi para putra-putrinya.

Kami sebagai warga Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung yang tinggal dan berbatasan dengan Kotamadya Bandung sebenarnya sudah jenuh. Bagaimana tidak..? Untuk pengurusan administrasi saja yang berkaitan dan berurusan dengan dinas di Pemkab Bandung, begitu jauh jarak tempuhnya. “Untuk menuju ke Soreang itu bukan jarak yang dekat loh. Perlu waktu yang benar-benar luang. Belum lagi, stamina kita pun mesti fit, di samping amunisi operasionalnya pun mesti full untuk bekal berkendara di jalan. Celotehan demikian diungkapkan salah seorang warga Kampung Bojongkacor, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

Parahnya lagi, lanjutnya. “Manakala datangnya tahun ajaran baru, saat PPDB (Penerimaan Peserta Didik Baru) bagi siswa SD (Sekolah Dasar) yang akan melanjutkan ke sekolah lanjutan SMP (Sekolah Menengah Pertama). Di sinilah orang tua siswa dibikin bingung. Untuk wilayah Cimenyan khususnya Kelurahan Cibeunying, tidak adanya SMP. Terus anak-anak kami mesti sekolah ke mana ? Untuk Sekolah Menengah Pertama (SMP) saja kita mesti ke wilayah Kodya Bandung, meski terkait dengan aturan kuota. Ya mau gimana lagi, lah wong nyatanya begitu kok..! Untuk pendirian SMP saja yang katanya akan berdiri di wilayah Cibeunying, itupun hanya sekedar wacana saja, realita nya pun belum ada, tuturnya.

Tidak bisa dipungkiri lagi. Meskipun kita berdomisili di wilayah Kabupaten Bandung, namun sebagian aspek ditunjang oleh Kodya Bandung. Sebagian besar warga Cibeunying dari mulai bekerja mencari nafkah, bersekolah…ya di wilayah Kodya Bandung. Apakah ada baiknya kita menjadi warga Kodya Bandung, ungkap sebagian warga dengan polosnya.

(Agus Chepy Kurniadi //RJ)