Ingatkan Sejarah Kelam, Jajaran Korem 051/Wkt Putar film G 30 S/PKI Bersama Masyarakat

Bekasi – Reportase Jayantara News

Korem 051/Wkt bersama dengan masyarakat melaksanakan Nonton Bareng (Nobar) film sejarah G. 30 S/PKI. Film yang berdurasi 4 jam 33 menit dan 56 detik ini diputar pada malam hari di Perumahan Graha Asri, Kelurahan Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur, Kabupaten Bekasi, Sabtu (24/9).

Pada kesempatan tersebut, Danrem 051/Wkt, Kolonel Inf. Bobby Rinal Makmun, yang diwakili oleh Kasiter Rem 051/Wkt, Letkol Arm Joko Triyanto, menyampaikan, pemutaran film sejarah G. 30 S/PKI bertujuan untuk mengingatkan kembali kepada masyarakat dan generasi muda bahwa Bangsa Indonesia pernah mengalami sejarah yang kelam akibat pengkhianatan dan kekejaman PKI yang berusaha ingin merubah Ideologi Pancasila menjadi paham komunis. 

Joko juga menambahkan, bahwa pemutaran film pengkhianatan G. 30 S/PKI ini selain untuk menanamkan kembali rasa nasionalisme juga memberikan pembelajaran kembali kepada generasi muda tentang sejarah kelam Bangsa Indonesia dan jangan sampai peristiwa kelam tersebut terulang kembali dimasa yang akan datang.

“Para generasi muda harus menonton film G. 30 S/PKI ini, agar kita semua jangan sekali-kali melupakan sejarah Bangsa Indonesia,” tegas Joko dalam kesempatan Nobar bersama masyarakat.

Kegiatan menyaksikan film sejarah G. 30 S/PKI yang ditujukan kepada para prajurit TNI dan keluarganya, serta masyarakat dan para generasi muda khususnya, bertujuan untuk membentengi diri dari pengaruh bahaya laten komunis yang sangat membahayakan kelangsungan hidup Bangsa dan Ideologi Pancasila.

Munculnya bahaya laten komunis saat ini secara terang-terangan sudah di dengungkan oleh kader-kadernya dengan memanfaatkan era reformasi dengan berkedok menuntut pelurusan sejarah dan meminta Pemerintah minta maaf kepada para keluarga korban PKI dan pada akhirnya menuntut Pemerintah untuk mencabut Tap MPRS No. 25 Tahun 1966 tentang pelarangan partai komunis di Indonesia. 

Dilain kesempatan, Tarso, selaku tokoh masyarakat menyampaikan ucapan terima kasih atas terselenggaranya Nobar film sejarah G. 30/PKI yang diprakarsai oleh Korem 051/Wkt beserta jajarannya, sehingga masyarakat dan para generasi muda dapat memahami sejarah kelam yang pernah terjadi akibat pengkhianatan PKI yang ingin mengganti Ideologi Pancasila menjadi Paham Komunis yang tidak sesuai dengan  kehidupan dan kepribadian Bangsa Indonesia.

“Dengan menyaksikan film sejarah G. 30 S/PKI ini diharapkan para anak muda akan lebih memahami sejarah dan tidak akan terpengaruh dengan pemutarbalikan fakta sejarah yang dilakukan oleh kader-kader PKI yang timbul saat ini,” ungkapnya.

Dalam kesempatan Nobar ini pula dihadiri sebanyak 304 orang. Tampak hadir Kasiter Rem 051/Wkt, Letkol Arm Joko Triyanto, Danramil Lemahabang, Kapten Arm Parjiana, Dankima beserta anggira Korem, Babinkamtibmas, Kepsek SMK 2 Cikarang, Ketua BPD Kecamatan Lemah Abang, tokoh pemuda dan masyarakat lingkungan RT 01/ RW 09, Kelurahan Jatireja, Kecamatan Cikarang Timur. (Penrem 051/Wkt / Rudiono)