Integrasi Kampung KB oleh Imah Rancage, Dalam Raker Komisi IX

IMG_20171210_201316

Kab. Bandung – Jayantara News

Rumah Aspirasi yang didirikan oleh Ketua Komisi IX DPR RI, Dede Yusuf Efendi, dari Dapil II, menggelar event disosialisasi Kampung KB di Kabupaten Bandung. Sosialisasi dilakukan kepada 6 (enam) desa dalam tempo satu minggu di 6 (enam) desa yang tersebar di Kabupaten Bandung.

Salah satunya, sosialisasi Integrasi Kampung KB dengan Mitra Kerja, di Desa Babakan Peuteuy, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Sabtu (10/12/2017).

Berdasarkan pantauan kegiatan yang dilaksanakan di lapangan futsal desa, kegiatan diikuti oleh ratusan masyarakat desa dari 14 RW yang ada.

IMG_20171210_201242

Ir. Dodo Hambali, Staf Ahli Komisi IX, sekaligus Ketua Imah Rancage mengatakan, kegiatan digelar dalam rangka Rapat Kerja Komisi IX, Dede Yusuf. “Dari ratusan desa yang tersebar di Kabupaten Bandung, hanya 6 (enam) desa yang mendapatkan kesempatan untuk mendapatkan Progran Integrasi Kampung KB,” ungkapnya.

Sebelumnya, kegiatan serupa sudah dilaksanakan di Kecamatan Soreang, Katapang, Margahayu, Rancaekek dan terakhir di Desa Babakan Peuteuy, Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung.

Dalam kesempatan tersebut, disosialisasikan kepada masyarakat oleh beberapa narasumber terkait dengan pengendalian pertumbuhan penduduk, yang berintegrasi dengan program pembangunan lainnya.

Pesan yang ingin disampaikan kepada masyarakat dari event adalah bahwa masyarakat harus berintegrasi dengan program lainnya diantaranya Program Pendidikan, Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Desa.

“Suksesi Program KKBPK (Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga),” ungkap Dodo.

Ir. Dodo Hambali, Staf Ahli Komisi IX, yang juga Ketua Imah Rancage, berharap kepada Desa Babakan Peuteuy, agar mampu menjadi desa teladan di Kabupaten Bandung dalam merencanakan Keluarga Berencana dengan menggandeng Mitra BKKBN untuk mengenal lebih dekat dengan Kampung KB.

Tahun 2017 ini, ada 6 (enam) desa yang terpilih di Kabupaten Bandung. Dodo menjelaskan dan menyampaikan salam bakti dari wakil rakyat, Dede Yusuf.

Dodo menjelaskan, Imah Rancage, merupakan salah satu lembaga penyampai aspirasi yang didirikan oleh Dede Yusuf. Imah Rancage adalah semacam rumah untuk menyampaikan aspirasi. Dede Yusuf sendiri adalah wakil rakyat yang mengurusi masalah Kementerian Tenaga Kerja, Kementerian Kesehatan, BKKBN, BPJS Kesehatan, BPJS Ketenagakerjaan, Badan Pengawasan Obat dan Makanan, Badan Nasional Penempatan Tenaga Kerja Luar Negeri.

Sementara itu, Abdul Rohim S.Pd.I, MM, Kepala Desa Babakan Peuteuy, Cicalengka, menyambut antusias program tersebut. Ia berharap, aspirasi yang disampaikan warganya melalui Pemerintahan Desa nya dapat ditindaklanjuti oleh wakil rakyat.

“Kita berharap ada followup program dari wakil rakyat untuk aspirasi dari warga kami, sesuai dengan harapan untuk menciptakan Desa Babakan Peuteuy sebagai desa tauladan dalam pengendalian keluarga berencana,” ungkapnya. (Andi Rohendi)