Irjen Pol Drs H Fakhrizal, Sosok Kapolda Yang Melayani, Mengayomi & Melindungi Masyarakat

IMG_20180713_195848

JAYANTARANEWS.COM, Jakarta

IMG_20180628_215930

Irjen Pol Drs H Fakhrizal adalah sosok Pemimpin yang Rahmatan Lil ‘Alamin. Sikapnya yang peduli dengan masyarakat  kecil maupun dengan Jajaran Anggota Bhayangkara Kepolisian Daerah Sumatra Barat ini, berdasarkan penelitian yang telah dilakukan oleh Tim BPI KPNPA RI (Badan Peneliti Independen Kekayaan Penyelenggara Negara Pengawas Anggaran Republik Indonesia) di 7 (tujuh) kabupaten dan kota Provinsi Sumatera Barat, yang diditurunkan sejak awal tahun 2018, Alhamdulillah, mendapatkan hasil yang sangat positif terhadap kinerja Irjen Pol Fakhrizal tersebut. Di mana, di dalam melaksanakan Tugas Komando sebagai Kepala Kepolisian Daerah Sumatra Barat ini, beliau tidak memposisikan sebagai Pimpinan yang hanya bisa memerintah saja, namun senantiasa turun langsung ke masyarakat untuk bersama – sama dengan elemen dan seluruh lapisan masyarakat dalam mendukung Kamtibmas yang aman dan kondusif di Sumatra Barat. Demikian, Drs TB Rahmad Sukendar, SH.MH tuturkan, selaku Ketua Umum BPI KPNPA RI ketika disambangi JAYANTARANEWS.COM, Jum’at (13/7).

Profil beliau yang pernah menjabat sebagai Karo Paminal Div Propam Polri, adalah sosok yang tegas juga humanis dan tidak pernah bermain – main dengan hukum apabila ada anggotanya melakukan perbuatan yang dapat merugikan Institusi Polri, maka tidak akan segan – segan menindak sampai dengan proses hukum selanjutnya sesuai dengan Program Promoter Kapolri di wilayah Sumatra Barat.

Sejak awal menjabat sebagai Kapolda Sumbar, lanjut Rahmad, sampai dengan saat ini, situasi Kamtibmas di Sumatra Barat sangatlah aman dan kondusif. Makanya sangat layak, andaikan beliau merupakan figur bapak yang sangat disayangi oleh anak buah maupun para Pejabat Utama di Polda Sumbar.

Dengan keahliannya sebagai Perwira Polisi yang lama bergelut di Paminal Polri, dirinya senantiasa kerap kali turun ke daerah, khususnya untuk mendengar, melihat dan menyikapi semua permasalahan yang terjadi di lapangan, imbuhnya.

Menurut Rahmad, bahwa survey yang telah dilakukan oleh Tim BPI KPNPA RI, banyak masyarakat daerah di pedesaan dan perkotaan yang sangat mengharapkan sosok beliau ini untuk tetap melanjutkan tugasnya sebagai Gubernur Sumatra Barat periode selanjutnya, karena masyarakat sangat haus dengan sosok Pemimpin yang dekat dengan masyarakat ini.

Banyak sudah masyarakat kecil yang dibantu oleh seorang Fakhrizal ini, dan jujur saja, bahwa semua ini dikerjakan dengan ikhlas dan tanpa ada pamrih. Hanya mengharapkan Ridho Allah SWT semata, dan beliau juga dengan sekuat tenaga akan amanah dalam menjaga tanggung jawabnya sebagai pucuk Pimpinan di Kepolisian Daerah Sumatera Barat, ujarnya.

Anak desa dari daerah Bukit Tinggi Sumbar yang tetap Low Profile dan terkenal dekat dengan bawahan maupun dengan jajaran elemen masyarakat di Sumatra Barat ini, memang sangat dijadikan tauladan dalam segala kiprahnya.

Jarang sekali seorang Kapolda bisa seperti beliau yang membuka ruang untuk dapat dijumpai dan bertemu dengan semua lapisan masyarakat, karena kebanyakan Kapolda di daerah lainnya akan sangat sulit untuk dijumpai masyarakat.

Semoga saja, Kapolri bisa melihat kinerja Irjen Pol Drs Fakhrizal yang cukup sukses menjalankan tugasnya selaku Kapolda Sumatra Barat, walaupun ada banyak upaya untuk menggantinya dari pihak – pihak yang tidak menyukai sosok Fakhrizal, namun beliau tetap siap sedia apabila memang Pimpinan menggantinya sebagai Kapolda di Sumbar, urai Rahmad lagi.

Penelitian BPI KPNPA RI yang dilakukan dalam rangka Pelayanan Publik dan Kepuasan Publik terhadap kinerja  pelayanan anggota Polri terhadap masyarakat, yang dilaksanakan sejak awal bulan Februari 2018 sampai dengan bulan Juli 2018 ini, memang merupakan sosok tegas dan bersahaja serta yang mengerti kultur budaya di Sumbar, beber Rahmad diakhir obrolan. (Red JN)