Khawatir Longsor Susulan, Pemkab Ciamis & BBWS Abaikan Kemirisan Warga

Ciamis – Jayantara News

Sangat mengkhawatirkan bagi warga yang rumahnya berdekatan dengan bantaran Sungai Cibabakan, Dusun Purwasari, Desa Cigayam, Kecamatan Banjaranyar, Kabupaten Ciamis. Miris memang, disaat menghadapi musim penghujan, sementara kekhawatiran ada di benak mereka saat terjadinya longsor susulan.

Luapan deras di Bantaran Sungai Cibabakan setiap musim penghujan mengakibatkan Tebing Sungai Cibabakan Longsor. Selain longsor, air Sungai Cibabakan juga sering meluap deras ke rumah warga dan berdampak pada bantaran sungai yang longsor tergerus air.

“Tanah warga yang tergerus air sudah cukup luas. Dan jarak rumah warga pun kini tinggal beberapa meter lagi,” terang sebagian warga.

Menyikapi hal demikian, warga pasrah dan hanya bisa berharap semoga secepatnya ada perbaikan atau penguatan bantaran Sungai Cibabakan, karena dikhwatirkan terjadi longsor susulan saat musim penghujan tiba.

Menurut Dodi Haryana, Kepala Desa Cigayam, dan dirinya sudah berupaya mengajukan proposal untuk perbaikan bantaran Sungai Cibabakan ke Balai Besar Wilayah Sungai Citanduy (BBWS) yang beralamat di Kota Banjar. Pengajuan proposal dari mulai tahun 2015-2016 dan tahun 2017, namun sampai saat ini belum ada realisasinya.

Ia selalu berharap adanya perbaikan, bantaran Sungai Cibabakan yang selalu longsor tergerus air manakala hujan turun. Untuk itu, di samping upaya dari Pemerintah Desa setempat, dirinya pun mengharapkan bantuan dan dukungannya dari Pemerintah Kabupaten Ciamis maupun dinas terkait lain, untuk sama-sama peduli dan mengapresiasi perihal bantaran / tebing Sungai Cibabakan yang selalu longsor pada saat musim hujan tiba, sedangkan bantaran sungai sudah mendekati rumah warga, tandas Dodi. (Ids / Asdk)