Kom Pol Sumi M, SH : Polisi Modern, Mampu Mengikuti Perkembangan Zaman

IMG_20180424_180155

JAYANTARANEWS.COM, CIMENYAN

FB_IMG_1515036941798

Gesit dan ramah, itulah kesan yang tertangkap saat bertemu dengan Kom Pol Sumi M, SH, Kepala Kepolisian Sektor (Kapolsek) Cimenyan, Kabupaten Bandung, yang belum lama menjabat.

IMG_20180424_180208

Terbukti, di sela-sela kesibukannya saat mengikuti acara sosialisasi kebijakan lingkungan sehat dalam rangka mendukung penataan Citarum Harum di Aula Kantor Kecamatan Cimenyan,  Kabupaten Bandung, Selasa (24/4/2018), Sumi, demikian sapaannya masih sempat melayani wartawan dengan ramah.

Semangat Kartini yang mendorong perempuan untuk berpikiran maju juga  tersemat pada Sumi. Tengok saja, sebagai Anggota Polri, dirinya bicara soal Polisi kedepan yang modern.

IMG_20180424_180221

Menurut ibu tiga orang anak ini, Polisi modern harus mampu mengimbangi perkembangan zaman.

” Situasi berkembang terus, diantaranya perkembangan teknologi informasi yang cepat. Sekarang ada Medsos, Polisi harus mampu mengimbanginya,” tuturnya.

Usaha Polisi untuk merespon perkembangan zaman, bermuara pada penciptaan Kamtibmas yang kondusif.

” Ini sesuai arahan Pimpinan, untuk menyikapi situasi-situasi yang berkembang. Tugas Polisi itu semata untuk Kamtibmas yang kondusif dan tidak sendirian. Polisi melakukannya bersama masyarakat. Kita melakukan pendekatan dengan segala unsur, baik dengan Tokoh Agama, LSM, Tokoh Pemuda dan pula Media,” paparnya.

IMG_20180424_180236

Ketika ditanya soal tugas Polisi di era milenial saat ini, menurut Sumi, Polisi harus mampu mengimbangi perkembangan zaman.

” Kita kondisional, situasi berkembang terus, Polisi harus mampu mengimbanginya,” tuturnya.

Kesigapan Polisi merespon berbagai perkembangan yang terjadi dalam rangka penciptaan Kamtibmas yang kondusif.

” Ini sesuai arahan pimpinan untuk menyikapi situasi-siatuasi yang berkembang agar Kamtibmas kondusif,” tuturnya.

Upaya logis lain yang dilakukan guna menciptakan Kamtibmas yang kondusif, yakni melakukan pendekatan ke berbagai elemen masyarakat.

Kita melakukan pendekatan segala unsur, baik dengan Tokoh Masyarakat, LSM, pemuda termasuk Media,” paparnya.

Dilain sisi, meski belum lama menjabat Kapolsek Cimenyan, Sumi sudah memiliki banyak teman. Rahasianya, karena Sumi getol melakukan komunikasi dengan elemen masyarakat. Satu hal lagi, jalinan perkawanan yang banyak terbangun,  lantaran Sumi memiliki hobi silaturahmi.

” Kuncinya saya hobi silaturahmi,” ujarnya.

Kendati memangku tugas sebagai Kapolsek, Sumi tak kehilangan momen untuk memperhatikan keluarga tercintanya.

” Saya mengatur waktu, memenej antara tugas dan keluarga. Intinya, kepercayaan dan komunikasi yang baik. Jadi tugas dan keluarga berjalan baik,” pungkasnya.
(Didoe / Basan JN)