Langgar Perda, PKL & Penjual Miras Kota Tangerang Diajukan Ke Sidang Tipiring

IMG_20180328_010904

Tangerang – JAYANTARANEWS.COM

FB_IMG_1515036941798

Bidang Penegakan Produk Hukum Daerah Satuan Polisi Pamong Praja (Gakumda Satpol PP) Kota Tangerang kian gencar dan berkesinambungan menertibkan wilayah kota yang bermottokan Akhlaqul Karimah ini dari para pelanggar Peraturan Daerah (Perda). Tiap pekan Bidang Gakumda Satpol PP Kota Tangerang menindak para pelanggar Perda dengan mengajukan ke sidang Tindak Pidana Ringan (Tipiring).

Sebanyak 39 Pedagang Kaki Lima (PKL) dan empat penjual minuman keras (Miras) oleh Bidang Gakumda Satpol PP diajukan ke meja sidang Tipiring yang dipimpin hakim Eli, SH, MH dan Jaksa M Erlangga, SH di Pengadilan Negeri Tangerang, Jl TMP Taruna, Selasa 27 Maret 2018.

Para PKL serta penjual Miras yang diajukan ke hadapan meja Hakim dan Jaksa itu melanggar Peraturan Daerah (Perda) Kota Tangerang Nomor 6 Tahun 2011, tentang Ketertiban Umum dan Perda Nomor 7 Tahun 2005, tentang Pelarangan Peredaran Minuman Beralkohol.

“Kami melaksanakan tugas ini sesuai perintah pimpinan dan sesuai Tugas Pokok dan Fungsi. Satpol PP sebagai garda terdepan penegakan Perda dalam tugas ini dibantu unsur Polres Metro Tangerang Kota,” jelas Kepala Bidang (Kabid) Gakumda Satpol PP Kota Tangerang, Kaonang, S.Sos, MM kepada wartawan, usai pelaksanaan sidang Tipiring di Pengadilan Negeri Tangerang.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Kaonang, para pelanggar Perda yang hadir ke sidang Tipiring kali ini sebanyak 11 orang PKL. Para pelanggar tersebut adalah PKL yang berjualan di Jl Satria Sudirman (depan Puspem), Jl TMP Taruna, Jl M Yamin, Jl Perintis Kemerdekaan dan Jl Sudirman Tangerang City.

“Dalam sidang Tipiring kali ini, yang dipanggil sidang PKL 39 dan penjual Miras empat pelanggar. Mereka yang hadir memenuhi panggilan sidang ada 11 pelanggar PKL, sementara yang lainnya mangkir,” ungkap Kaonang didampingi Kepala Seksi (Kasi) Penegakan, Tatang Sumantri dan Kasi Hubungan Antar Lembaga (Hubtarga) Ahmad Payumi, Penyidik Pegawai Negeri Sipil (PPNS) serta Staf Gakumda Satpol PP.

Mengenai pelanggar yang tidak hadir di persidangan Selasa 27 Maret 2018, menurut Kabid Gakumda Satpol PP, Kaonang akan dilakukan pemanggilan kembali pada sidang Tipiring selanjutnya.

• Ateng Sanusih | Yahya Syuhada