Limbah Medis Puskesmas Ciparay Dibakar, Terindikasi Tidak Adanya Penampung Limbah

IMG_20180416_225722

Ciparay – Jayantara News

FB_IMG_1515036941798

Puskesmas Ciparay yang berlokasi di Jl. Raya Laswi No 819, Manggungharja, Ds Ciparay, Kecamatan Ciparay, Kabupaten Bandung, diduga tidak mempunyai tempat khusus untuk limbah medis.

Saat diinvestigasi langsung ke lokasi, Senin (16-04-18) pukul: 14:40 WIB, ditemukan limbah medis menumpuk  di dalam lingkungan Puskesmas dalam keadaan berserakan di tempat pembuangan sampah.

Ketika ditanya kepada seorang yang sedang mengurus sampahnya, dia membenarkan terkait sampah limbah medis dimaksud. ” Ya, ini sampah Puskesmas, dan sudah tercampur dengan sampah lain. Ada juga yang dibakar, karena nanti bisa buat urug balong, seperti tumpukan ini, sama sampahnya juga, selebihnya ada di samping rumah dinas,” ucapnya.

Menilik sebuah rumah dinas Puskesmas Ciparay, terlihat banyak tumpukan sampah medis berserakan di samping, disandarkan ke dinding dengan kantong plastik kuning, berdekatan dengan saluran pembuangan air yang pasti akan lari ke sungai, bila ada yang berceceran.

IMG_20180416_225708

Meneropong jauh ke dalam, ternyata ada juga bunker limbah medis yang ditumpuk di salah satu bangunan, bekas kamar mandi Puskesmas dan cukup banyak tumpukannya di dalam ruangan, sepertinya gudang, khawatir bila limbah medis Puskesmas dijadikan azas manfaat, dan tersebar di masyarakat luas.

Udin, salah satu pegawai Puskesmas menjelaskan,” bila ingin menanyakan limbah medis, baiknya ke Dinas Kesehatan saja, karena di sini tidak ada kaitannya dengan limbah medis, itu kan masalah teknis, jadi tidak tahu,” ujarnya.

Bila ingin tahu terkait limbah medis di sini, datang saja besok pagi, dengan ibu Fuji, dia mungkin tahu dan bisa menjelaskan, karena sekarang sudah pada pulang, jadwal kerja dari pagi sampai jam 14:00 WIB, jadi sudah pada tidak ada, sudah pulang,” jelas Udin.

(Uchok Hendra JN)