Ormas Diminta Proaktif Wujudkan PEMILU Yang Berkualitas

IMG_20180916_112217

Keterangan foto:
Ketua KPU Kendal Hevy Oktaria Indah, SE mensosialisasikan tahapan dan mekanisme Pemilu serentak tahun 2019 di hadapan sejumlah Ormas, Sabtu (15/9)

JAYANTARANEWS.COM, Kendal

IMG_20180628_215930

Pemilu sebagai sarana yang sah untuk memilih pemimpin dan wakil rakyat, pastinya menuntut peran aktif dari masyarakat.

Untuk menghasilkan Pemilu yang berkualitas, masyarakat harus bisa menggunakan hak pilihnya secara cerdas. Demikian disampaikan Hevy Indah Oktiaria, SE, Ketua KPU Kabupaten Kendal, ketika menjadi pembicara Peran Ormas dalam Mensukseskan Pemilu serentak tahun 2019, di Balai Desa Sendang Dawung, Kecamatan Kangkung, Sabtu (15/9).

Hevy menjelaskan, Pemilu tahun 2019 akan memilih Presiden dan Wakil Presiden, anggota DPD dan anggota DPRD dari Tingkat Pusat hingga Kabupaten. Pemilih, katanya, akan mencoblos sebanyak lima kali surat suara. ” Kenali para calon, sehingga mengetahui bibit dan bobot calon yang akan dipilih. Jangan golput, karena calon yang akan ditetapkan nanti berdasarkan suara terbanyak, maka satu suara anda akan sangat menentukan,” tegas Hevy.

Lebih lanjut, Hevy menjelaskan tahapan dan mekanisme penyelenggaran Pilpres dan Pileg tahun depan. Menurutnya, masa kampanye baru akan dimulai tanggal 23 September 2018. Sementara penetapan para calon akan diumumkan pada tanggal 20 September 2018.
“ Masa kampanye nanti akan berlangsung cukup lama, yakni 6 bulan. Harapannya, pemilih bisa lebih mengenali para calon. Kampanye sendiri ada aturannya, termasuk yang dilakukan di media sosial, parpol perlu melaporkan kepada KPU, Bawaslu dan Kepolisian,” terangnya.

Sementara itu, dari Bawaslu Kendal, disampaikan oleh Ubaidillah, S.Ag, MH, yang mengajak masyarakat untuk berpartisipasi secara aktif dalam mengawasi semua tahapan Pemilu.

Menurutnya, sukses tidaknya Pemilu tidak hanya bergantung pada penyelenggara dan peserta Pemilu, tapi juga peran masyarakat. ” Jika menemukan pelanggaran, silahkan laporkan kepada kami. Masyarakat tidak perlu takut, identitas pelapor akan kami rahasiakan. Syaratnya, laporan harus disertai informasi yang valid,” tegasnya.

Diskusi dalam rangka pembinaan Ormas ini diselenggarakan oleh Kesbangpol Kabupaten Kendal. Turut hadir, jajaran Forkompincam Kangkung dan puluhan peserta yang berasal dari berbagai Ormas di Desa Sendang Dawung dan desa sekitarnya di Kecamatan Kangkung.
(Tim JN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here