PALEMBANG, Reportase JABAR

Untuk memantapkan kinerja BPI KPNPA RI di seluruh wilayah Indonesia, juga membantu Pemerintah Indonesia di dalam Program Nasional, yaitu : Pemberantasan Korupsi, Tanggap akan Bahaya Laten Teroris dan Bahaya Narkoba. BPI KPNPA RI agendanya berkunjung dan melakukan audiensi dengan para Pimpinan Provinsi dan jajaran Forkopimda Provinsi di seluruh Indonesia.
Dalam kesempatan ini Ketua Umum Drs. TB. Rahmad Sukendar didampingi Ketua DPW BPI KPNPA RI Provinsi Sumatera Selatan dan pengurus pusat melakukan kunjungan dan audiensi dengan Gubernur Sumatera Selatan dan jajaran Forum Komunikasi Pimpinan Daerah, di Palembang, tanggal 10 – 12 April 2017.

Kunjungan pertama pada hari Senin, tanggal 10 April 2017, pukul 11.00 WIB ke Kanwil Kemenkumham Sumsel, dan diterima sendiri oleh Kakanwil DR. H. Sudirman D., SH.MM.MSc. Kunjungan ini disambut baik dan mendapat apresiasi dari Kakanwil dan jajarannya.
Pada kesempatan yang baik ini, Kakanwil juga menyampaikan keluh kesahnya terkait kinerja dan overload kapasitas Lapas di Sumsel, dimana hampir 70 persen penghuni / warga binaan Lapas adalah Keterlibatan dengan kasus Narkoba.

Damanhury nama akrab Kakanwil, meminta agar keluh kesahnya tersebut untuk disampaikan kepada Dirjen Pas dan atau Gubernur Sumatera Selatan, keluhnya. Selanjutnya pada pukul 14.00 WIB, berkunjung ke Makodam II Sriwijaya dan diterima oleh Kasdam II Sriwijaya Brigjen TNI DR. Marga Taufiq, SH.MH. mewakili Pangdam yang sedang ada di Jakarta. Jajaran Kodam ISI Sriwijaya menyambut baik dan senantiasa merespon penuh keberadaan BPI KPNPA RI di Sumatera Selatan. Dan siap bersinergi sekaligus bekerjasama dengan jajaran di wilayah Kodim sampai Koramil dalam pembinaan masyarakat dan fungsi Sospol.

Pada hari Selasa merupakan kunjungan kedua ke Kejaksaan Tinggi Sumatera Selatan pada pukul 09.00, diterima oleh Wakajati dan Assintel mewakili Kajati yang sedang berada di Jakarta. Wakajati, Assintel dan Kasi 2 Sospol setelah merespon penuh keberadaan BPI di Sumsel dan siap bekerja sama dalam Penegakkan Hukum, sekaligus siap menjadi Narasumber di Acara BPI nanti di Palembang.
Kemudian kunjungan dilanjutkan ke Gubernur Sumatera Selatan pada pukul 12.00 WIB dan diterima oleh Kepala Bakesbangpol Provinsi Sumsel dan Kabid Ormas mewakili Gubernur yang sedang kunjungan ke Jepang. Atas nama Pemprov Sumsel menyambut baik kehadiran Jajaran Pengurus Pusat maupun Wilayah Sumsel BPI di Palembang, serta siap bersinergi dengan BPI dalam hal pengawasan terhadap Keuangan Negara. Pemprov Sumsel melalui Ka Bakesbangpol Prov. Sumsel siap membantu untuk kegiatan di Palembang, apabila ada permohonan tertulis dari BPI dengan disertai dokumen kegiatan acara. Demikian juga halnya Kan Bakesbangpol, menyampaikan bahwa Pemprov akan menyediakan Gedung Aula Pemprov Sumsel, bilamana akan digunakan untuk setiap acara BPI termasuk juga Dana Pembinaan Ormas.
Selanjutnya kunjungan berikutnya ke Rumah Dinas Pangdam II Sriwijaya, karena sebelumnya tidak ketemu dengan Pangdam dari pukul 14.00 WIB sampai dengan 15.30 WIB. Pangdam II Sriwijaya Mayjen TNI Sudirman, SH.MM. menyatakan siap bersinergi dengan BPI dan untuk acara awal bulan Mei, seminar Kebangsaan Pencegahan dini dari bahaya Radikalisme siap membuka acara sekaligus siap menjadi pembicara yang akan diselenggarakan oleh BPI Wilayah Provinsi Sumatera Selatan. (Adi)

Harnasnews