Pelantikan Ketua LPM Kelurahan Cibeunying Cimenyan, Fokuskan Kesinergian

IMG_20180210_101500_HDR

Cimenyan – Jayantara News

IMG_20180202_185549

Lembaga Pemberdayaan Masyarakat atau disingkat LPM, sejatinya merupakan sebuah lembaga, organisasi atau wadah yang dibentuk atas prakarsa masyarakat sebagai mitra Pemerintah Kelurahan dalam menampung dan mewujudkan aspirasi dan kebutuhan masyarakat di bidang pembangunan, yang tujuan utamanya adalah untuk meningkatkan prakarsa dan swadaya masyarakat dalam menjalankan program pembangunan secara partisipatif.

IMG_20180210_100211_HDR

Dalam pengimplementasian partisipasi masyarakat dimaksud, dikembangkan melalui Lembaga Pemberdayaan Masyarakat yang mencakup aktivitas dalam merencanakan dan mengawasi pelaksanaan pembangunan di tingkat kelurahan.

Setelah sebelumnya melalui proses pemilihan sebagai sebuah pembaharuan dalam berdemokrasi, pada Minggu, 24 Desember 2017 lalu, yang bertempat di Aula Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, telah diadakannya kembali pemilihan para pengurus dan Ketua LPM yang baru.

Baca juga : <a href=”Sesi Menarik Di Pemilihan Ketua LPM Cibeunying, Cimenyan : “LPM Jangan Dipolitisir” – http://jayantaranews.com/sesi-menarik-di-pemilihan-ketua-lpm-cibeunying-cimenyan-lpm-jangan-dipolitisir/”>

Kini tiba saatnya, para pengurus dan Ketua LPM terpilih Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, dilantik dan dikukuhkan.

Pengukuhan pengurus dan Ketua LPM terpilih, Sumpena, yang sebelumnya menjabat sebagai Ketua RW, terpilih dan dikukuhkan sebagai Ketua LPM periode 2018 – 2021. Acara pelantikan yang juga bertepatan dan dibarengi dengan peresmian Balai Pertemuan RW 08, Kp Cijotang, Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, yang disimboliskan dengan pelaksanaan gunting pita oleh Lurah Cibeunying, Asep Rahayu, diselingi dengan lantunan lagu Mars PKK, oleh ibu-ibu Kader PKK.

IMG_20180210_100454_HDR

Hadir dalam acara tersebut, Lurah Cibeunying (Asep Rahayu) berikut jajarannya, mantan Ketua LPM (Dayat Sutisna), Kepengurusan, Bhabinkamtibmas, Babinsa, Karang Taruna, Bumkel dan jajaran Koperasi Sacitra Cibeunying, Dinas Kesehatan (Puskesmas Cibeunying), berikut tamu undangan lain.

Ketua RW 08, Mamat Rahmat, yang mengawali sambutannya, mengucapkan terimakasihnya atas dukungan semua pihak dengan terlaksananya acara pelantikan LPM, dan peresmian Balai Pertemuan RW 08, Cijotang Cibeunying. Semoga persatuan dan kesatuan di wilayah Kelurahan Cibeunying, semakin erat, ucapnya.

IMG_20180210_094649_HDR

Dayat Sutisna, Ketua Tim Sarling sekaligus mantan Ketua LPM memaparkan, bahwa di tahun 2017, adalah merupakan tahun kebangkitan Kelurahan Cibeunying. Di mana dalam tahun ini segala aspek pembangunan dari mulai Rutilahu, Sarana Lingkungan, KUBE marak direalisasikan. Hal ini semua bisa terlaksana berkat kerjasama dan dukungan semua unsur, kata Dayat.

Termasuk pembangunan Balai Pertemuan Warga, imbuh Dayat, yang bisa digunakan untuk Kepengurusan, Pos Yandu, Karang Taruna pun, di samping adanya bantuan dari Kementerian Sosial, Kelurahan, namun juga kiprah Swadaya Masyarakat.

Dikesempatan itu, Dayat Sutisna, Ketua LPM lama, menyerahkan secara simbolik nya kepada kepengurusan yang baru, baik Balai Pertemuan sekaligus menyerahkan jabatannya kepada kepengurusan dan Ketua LPM yang baru.

“Dengan ini, bahwa masa kepengurusan saya ini sudah berakhir. Tentunya selama saya menjadi Ketua LPM, banyak hal yang tidak berkenan. Tidak banyak yang dapat saya lakukan, jika tidak adanya kerjasama semua pihak”.

IMG_20180210_100753_HDR

Dayat mengingatkan, bahwa LPM sebagai mitra lurah, sudah selayaknya sinergi dan saling koordinasi, yang semestinya menyatukan kesepemahaman yang sama agar kondusif. “Dan LPM bukan tempat untuk mencari pendapatan atau pencaharian. Tapi semata-mata untuk pengabdian kepada masyarakat,” tegasnya.

IMG_20180210_101617_HDR

“Berbuat baiklah untuk kebaikan orang lain, daripada mencela dan saling mengujat. Atau diam saja akan jauh lebih baik,” ungkapan Dayat diakhir sambutan.

IMG_20180210_100121_HDR

Sementara itu, Asep Rahayu, selaku Kepala Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, menyampaikan terimakasihnya kepada semua pihak, baik kiprah dan kinerja Ketua LPM lama yang sudah memberikan kontribusi pengabdian kepada Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung.

IMG_20180210_103620_HDR

Sumpena memaparkan, sebagai Ketua LPM yang baru, tentunya masih banyak belajar. Mohon dukungan dan arahan baik dari Ketua LPM lama sebagai penasehat, maupun semua jajaran agar sinergi untuk menunjang kesinambungan pembangunan di Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, pungkasnya.

IMG_20180210_101601_HDR

(Agus Basan JN)