Penuhi Syarat Verifikasi Faktual, PPP Kab. Sumbawa Dinyatakan Lolos Di Pemilu 2019

IMG-20180202-WA0120

Sumbawa – Jayantara News

FB_IMG_1515036941798

Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Sumbawa selama tiga hari berturut-turut, 30-1 Februari 2018, melaksanakan verifikasi partai politik (Parpol) tingkat kabupaten. Dari beberapa partai sebanyak 12 (dua belas) yang sudah dilakukan verifikasi faktual oleh Tim Verifikasi KPUD Kabupaten Sumbawa, salah satunya Partai Persatuan Pembangunan (PPP) yang sudah dinyatakan lolos verifikasi faktual menjadi salah satu peserta Pemilu 2019.

Verifikasi yang dilaksanakan di kantor sekretariat partai tersebut, dihadiri semua jajaran pengurus tingkat kabupaten.

Komisioner KPUD Kabupaten Sumbawa, Syukri Rahmat, mengatakan, bahwa pihaknya telah melakukan verifikasi 12 (dua belas) partai politik, termasuk salah satunya Partai Persatuan Pembangunan. Kendati demikian, meski waktu yang sangat singkat ini, namun telah kami lakukan maksimal dalam tahapan Pemilu, yakni verifikasi faktual partai politik.

IMG-20180202-WA0122

Hingga saat ini, ada beberapa Parpol yang sudah kami verifikasi, termasuk salah satunya Partai Persatuan Pembangunan (PPP), dan kami nyatakan lolos verifikasi faktual menjadi peserta Pemilu 2019, karena semua berkas partai sudah lengkap, ujar Rahmat Sukri di Sekretariat PPP, Kamis(1/2).

Kemudian dijelaskan, dalam proses ini, setiap partai politik harus menyiapkan dokumen administrasi dan keberadaan kantor sekretariat partai, daftar nama dan nomor anggota serta keterlibatan keterwakilan untuk 30 persen.

“Partai Persatuan Pembangunan adalah salah satu parpol yang sudah memenuhi syarat dalam verifikasi faktual sesuai dengan persyaratan yang telah ditetapkan dan dinyatakan lolos menjadi Peserta Pemilu 2019”.

Sementara itu, turut hadir pula di verifikasi faktual yang telah dilakukan Komisioner KPUD Sumbawa yakni, Ketua KPUD Sumbawa, Syukri Ahmad, beserta Tim Verifikasi, Panwaslu Kabupaten Sumbawa. Sedangkan dari jajaran Dewan Pengurus Cabang (DPC) Partai Persatuan Pembangunan (PPP) Sumbawa, dihadiri Ketua DPC PPP, Rusli Manawari dan Sekretaris DPC PPP, Nur Wahidah, S.Ag serta semua jajaran pengurus tingkat kabupaten, selain turut hadir juga anggota DPRD Provinsi NTB, Nurdin Ranggabarani, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kamaluddin, ST, serta anggota Dewan Fraksi PPP Kabupaten Sumbawa.

Ketua Dewan Pimpinan Cabang Partai Persatuan Pembangunan (PPP), Rusli Manawari, mengapresiasi semangat kerja keras seluruh jajaran pengurus dan Kader PPP Kabupaten Sumbawa dalam menyiapkan verifikasi faktual ini.

Keberhasilan kita dalam verifikasi faktual, tentu tidak lepas dari semua kerja keras serta ikhtiar seluruh pengurus kabupaten sehingga kita menjadi peserta pemilu 2019. “Kedepannya, kita tetap optimis meraih hati masyarakat Sumbawa pada Pemilu 2019″. Semoga kita tetap pertahankan hasil perolehan Pemilu ditahun 2014 lalu sehingga bisa mengantarkan kader kita sebagai Wakil Ketua DPRD serta satu fraksi di Dewan, dan kita akan targetkan lebih dari yang sekarang ini,” ujar Rusli.

Di tempat yang sama, anggota Dewan PPP Provinsi NTB dari pemilihan Sumbawa dan KSB, Nurdin Ranggabarani, mengungkapkan, bahwa proses verifikasi faktual ini yang dilaksanakan oleh Tim Verifikasi dari KPUD Kabupaten Sumbawa, bisa berjalan dengan baik sesuai dengan amanat undang-undang, sehingga dapat dilaksanakan dengan profesional oleh Tim Verifikasi KPUD dalam menjalankan tugasnya.

“Kami melaksanakan kewajiban secara maksimal. PPP Kabupaten Sumbawa bisa menjadi pemenang Pemilu di Kabupaten Sumbawa serta bisa mencapai target di posisi ke 3 tingkat nasional,” katanya.

(Dhy JN)