PWOI, Kodam III Siliwangi & Kel Cibeunying Cimenyan Sinergi Tanggulangi Sampah

IMG_20180505_170540

JAYANTARANEWS.COM, Kab Bandung

FB_IMG_1515036941798

Terkait persoalan sampah, mau ganti Lurah, Camat, Bupati termasuk Gubernur sekalipun, tidak akan pernah menemui titik temu, kalau kesadaran masyarakatnya masih kurang. Apalagi menangani persoalan sampah di wilayah Kabupaten Bandung ini, yang mau tidak mau semua pihak harus ekstra keras dalam mengimplementasikan ide – ide kreatif dalam rangka meminimalisir persoalan sampah.

IMG_20180505_170925

Kita apresiasi dan dukung penuh kreatifitas dari Tokoh Pemuda wilayah RW 26, Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan ini, sebagai inspirator sampai munculnya Komposter.
” Semoga kedepan, pengolahan sampah dengan Komposter ini, yang diawal serasa susah namun dikemudian hari akan membawa berkah”. Demikian disampaikan Agus Chepy Kurniadi, selaku Ketua PWO I (Perkumpulan Wartawan Online) Independen wilayah Jawa Barat, saat sosialisasi pengolahan sampah menggunakan sistem Komposter di Cibeunying, Cimenyan, Sabtu (5/5).

IMG_20180505_170631

Baca : <a href=”Minimalisir Sampah, Nursuhud & Haji Eman Lirik Tong Komposter Kreasi Putra Daerah Cimenyan – http://jayantaranews.com/minimalisir-sampah-nursuhud-haji-eman-lirik-tong-komposter-kreasi-putra-daerah-cimenyan/”>

Iyus Rusmana, dari Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, mengungkapkan, dari Dinas Lingkungan Hidup itu sebenarnya banyak program terkait masalah sampah, salah satunya yaitu Komposter. Hal ini sesuai dengan Program SABER (Sabilulungan Bersih).

Sebagaimana disampaikan Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH), Asep Kusumah, melalui Program Kampung SABER nya, bahwa pihaknya menyasar kesiapan masyarakat untuk lebih mandiri memahami permasalahan lingkungan hidup di desanya, ujarnya.

Dari jumlah 270 desa dan 10 kelurahan, Program Kampung Saber diproyeksikan untuk wilayah yang tidak masuk dalam 165 Desa Ecovillage yang dibentuk Pemprov Jabar.

Jadi, di tahun 2018 ini, kita intervensi 25 desa di 18 Kecamatan untuk membentuk Kampung Saber. Cimenyan dan wilayah Cibeunying adalah salah satunya, ringkas Iyus.

Demikian pun Nursuhud, selaku Dan Subsektor 02, Kodam III Siliwangi, menyampaikan,” setiap saya melalui sungai, selalu terjadi keributan, saling lempar terkait sampah yang numpuk di sungai. Ini bagian Kabupaten, ini Kotamadya. Kalau semua saling menuding, terus mau sampai kapan kelarnya. Untuk itu, mohon kesadaran masyarakat dalam penanganan sampah ini agar tidak saling lempar. Selalu kordinasi antar beberapa pihak”.

” Alhamdulillah, dengan adanya ide Komposter dari kiprah pemuda setempat (Daryanto), saya pun ikut bangga,” bebernya.

Sampah jangan dibuat sebuah masalah. Insya Allah, hasil dari pupuk dan cairan organik tersebut akan menjadi berkah bagi warga sekitar, ungkapnya.

Mari kita tumbuhkan akan kesadaran masyarakat. Sinergikan antar semua pihak, dan kita dukung ide – ide kreatif yang sekiranya menunjang untuk meminimalisir dan mengatasi persoalan sampah, disampaikan Lurah Cibeunying, Asep Rahayu, melalui Enjang Supriatna yang mewakili. Enjang pun secara simbolik menyerahkan Tong Komposter tersebut ke kepengurusan setempat, sebagai bentuk apresiasi dan kepedulian dari Kepala Kelurahan Cibeunying, Asep Rahayu.

IMG_20180505_170617

Hadir pada acara sosialisasi tersebut, pihak Kelurahan, Bumkel, LPM, Kepengurusan, Karang Taruna, Bhabinkamtibmas, Dan SubSektor 02 dan jajarannya, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bandung, berikut Ketua PWOI (Perkumpulan Wartawan Online Independen) Jawa Barat.
(Gus Basan / Yudin JN)