Sebanyak 228 PPDP Pilgub Jabar, Resmi Dilantik PPK Cicalengka Di Gedung LEC

Cicalengka – Jayantara News

FB_IMG_1515036941798

Sebanyak 228 orang Petugas Pemutahiran Data Pemilih (PPDP) dalam Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubenur Jawa Barat tahun 2018, dilantik Panitia Pemilihan Kecamatan Cicalengka yang bertempat di gedung Local Education Centre (LEC) Kecamatan Cicalengka, Kabupaten Bandung, Rabu (17/1/2018).

Berdasarkan pantauan Jayantara News, para petugas pemutahiran data yang berasal dari 12 desa tersebut antusias mengikuti agenda PPK kecamatan.

Ayi Maulana, Ketua PPK Kecamatan Cicalengka menerangkan, bahwa sejak dibacakannya SK tersebut, maka tugas para PPDP dimulai.

Diutarakannya, Kecamatan Cicalengka merupakan kecamatan dengan jumlah penduduknya sebanyak 120 ribu jiwa, ditambah dengan jumlah penyelenggara/panitia pemilihan sebanyak 2.000 orang.

Dalam pelantikan tersebut, hadir sebanyak 228 orang yang mewakili 228 TPS yang akan tersebar di seluruh Kecamatan Cicalengka.

Ayi mengatakan, konsekuensi logis yang muncul sebagai penyelenggara adalah menjadi orang yang harus melayani kepentingan publik. “Karena tuntutan untuk menetapkan Kepala Daerah adalah tuntutan yang sesuai dengan syariat Islam dan hukum tata negara yang kita anut. Tuntutan ini adalah tuntutan yang tidak bisa tidak dilakukan,” katanya.

Melayani dan menentukan pemimpin yang sesuai dengan ketentuan akan berakibat langsung dari kualitas penyelenggaraan pemilihan.

Menurutnya, PPDP adalah ujung tombak PPK, maka harus dilakukan dan dikerjakan secara optimal, jangan sampai masih ada pemilih yang tidak tersalurkan haknya.

“Saya berharap amanah ini dapat dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga kita akan menghasilkan pemilu yang sebaik-sebaiknya dan juga akan menghasilkan pemimpin yang terbaik,” ungkapnya.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Ekonomi Islam (STEI) Bina Muda saat menyanyikan Lagu Mars Bina Muda

Istilah pemutahiran data merupakan istilah yang tak asing di masyarakat dengan kata COKLIT (Pencocokan dan Penelitian). Mencocokan data yang ada berupa data potensial pemilih yang akan disebar di 228 petugas di Cicalengka, dari data DP4 yang diterima KPU dari Kemendagri.

“Tidak satu pun petugas melakukan proses coklit di rumah, karena semua petugas harus turun ke lapangan dengan mendatangi rumah pemilih untuk menyisir data pemilih,” tegasnya.

Camat Cicalengka, H. Entang Kurnia, dalam sambutannya mengatakan, petugas PPDP sudah diambil sumpahnya, dengan fakta integritas yang disepakati. Maka harus bertugas dengan baik.

“Kita berharap petugas dapat bekerja dengan baik sesuai dengan sumpah yang sudah diambil, dan fakta integritas yang disepakati,” ungkapnya.

Salah satu petugas PPS desa, Undang Suherman mengatakan, tugas menjadi penyelenggara pemilihan adalah bagian tugas negara.

“Tugas yang kita emban adalah satu tugas negara dalam menyukseskan pemilihan, suksesnya agenda pemilihan adalah terakomodirnya seluruh lapisan masyarakat tanggal 27 Juni 2018 sudah masuk kepada daftar pemilih tetap dengan validitas data yang dapat dipertanggungjawabkan,” pungkasnya. (AR JN)