WARGA ANCAM UNJUK RASA KE BBWS CITARUM & PEMKOT BANDUNG, TERKAIT IZIN MEGA PROYEK SUMMARECON MALL DAN JALAN TOL AIR BAWAH TANAH

BOJONGSOANG, REPORTASE JABAR

Meluapnya Sungai Citarum yang menggenangi ratusan rumah di Wilayah Bojongsoang, Baleendah dan Dayeuhkolot, Selasa (7/3/2017) menjadi sorotan dan pusat perhatian warga masyarakat Kecamatan Bojongsoang khususnya dan Kabupaten Bandung pada umumnya. Sampai-sampai, Kepala Desa Tegalluar yang wilayahnya terkena imbas luapan Sungai Citarum, Sungai Cikeruh dan Sungai Citarik tersebut, Hj. Emma Dety Supriatna pun turun ke lokasi, pada Rabu (8/3/2017).

Kami sangat menyayangkan dan berharap agar Walikota Bandung segera “Meninjau Ulang” Izin Mega Proyek Summarecon dan Tol Air Bawah Tanah. Selain itu, pasca banjir pun mesti ada langkah nyata dari BBWS (Balai Besar Wilayah Citarum) agar segera lakukan pengerukan untuk Sungai Cikeruh, Sungai Citarik dan Sungai Citarum.

Tak kalah pentingnya, menurut Emma, kepada Dinas PUPR Kabupaten Bandung agar melakukan Peninggian Jalan setinggi 70-100 Cm di daerah muara, tepatnya di Jembatan Cikeruh dan Jembatan Citarik, sekaligus juga melakukan pelebaran Jembatan Cikeruh yang berada di Desa Tegalluar, jelasnya.

“Di BBWS Citarum itu ada Bidang Operasi Dan Pemeliharaan yang mempunyai tugas melaksanakan perencanaan, pelaksanaan, pemantauan dan evaluasi. Tapi tidak terdengar melakukan perawatan sungai,” ujar Emma, saat meninjau rumah warga yang tergenang air, sebagaimana dikutip SoreangOnline.com, Rabu (8/3/2017).

Timbulnya banjir di kawasan tersebut, bukan tidak mungkin dan dikhawatirkan akan semakin meluas. Hal ini diduga kuat terkait Izin Pembangunan Summarecon Mall di Gede Bage dan Tol Air Bawah Tanah. Untuk itu, kami atas nama warga masyarakat Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, akan berunjuk rasa kepada Pihak BBWS Citarum dan Pemkot Bandung. Hal demikian ditegaskan Dadang Supriatna, selaku Tokoh Masyarakat Desa Tegalluar, Kecamatan Bojongsoang, Kabupaten Bandung, saat dikonfirmasi REPORTASE JABAR, Rabu (8/3/2017).
(Agus Chepy K.//RJ)