Tambang Illegal Rusak Alam Pangandaran, Pemprov JABAR KURANG TANGGAP!

Pangandaran – Jayantara News

FB_IMG_1515036941798

Maraknya aktivitas galian C di Kabupaten Pangandaran menuai kritik sejumlah pihak dari berbagai kalangan.

IMG-20180417-WA0107

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan Kabupaten Pangandaran, Surya Darma, mengatakan, pihaknya banyak menerima keluhan masyarakat terkait aktivitas galian C yang ada di Kabupaten Pangandaran.

“Izin galian C dan penindakan jika terjadi pelanggaran itu kewenangan Pemerintah Provinsi, sedangkan lokasi terdampak ada di wilayah Pangandaran,” ujarnya kepada JAYANTARANEWS.COM, Selasa (17/4/2018).

Lebih lanjut Surya menjelaskan,
kondisi ini menjadi persoalan yang hingga saat ini belum tersolusikan, bahkan beberapa titik lokasi yang ada aktivitas galian C di Pangandaran tidak mengantongi dokumen perizinan.

“Kami pernah melayangkan surat ke Dinas Kehutanan Provinsi Jabar dengan harapan ada “penindakan” dari Satgas Penegakkan Hukum Lingkungan Hidup, namun hasilnya NIHIL,” tuturnya.

Surya mengaku, sejak kewenangan Pengendalian Lingkungan Hidup diambil alih Pemerintah Provinsi Jawa Barat, sejauh ini tidak pernah ada penanganan yang serius dari pihak terkait.

“Harusnya Tim Pemerintah Provinsi turun ke lapangan melihat kondisi alam yang saat ini terjadi karena dampak yang akan terjadi ke depan akan fatal,” ungkapnya.
(Nana JN)