TITUS DIAH, SESALKAN KETIDAKHADIRAN BUPATI PADA PELANTIKAN & PENGUKUHAN PENGURUS LCKI KAB. SUMEDANG

SUMEDANG – reportasejabarnews.com

Pelantikan Kepengurusan LCKI (Lembaga Cegah Kejahatan Indonesia) Kabupaten Sumedang, pada Senin (5/6/2017) resmi dikukuhkan oleh Kapolres Sumedang, AKBP Hari Brata, SH, MM, di aula serbaguna Mapolres Sumedang.

IMG-20170605-WA0118

Dalam sambutannya, Titus yang baru dilantik sebagai Ketua LCKI Kabupaten Sumedang mengungkapkan, bahwa keberadaan kami yang cenderung berbasis masyarakat ini, dalam pengabdiannya berperan sebagai pelayanan sosial dan edukatif yang bersentuhan langsung dengan masyarakat dalam mencegah perilaku negatif di kalangan generasi muda yang akan berakibat dan berdampak melakukan kejahatan kriminal, penyalahgunaan Narkoba, termasuk kejahatan asusila akibat krisis sosial masyarakat terutama melakukan perbuatan yang berakibat ke arah seks bebas di kalangan generasi muda. Tidak hanya itu, ucap Titus. Banyak dampak yang lain, seperti kekerasan dalam rumah tangga, kekerasan dalam melakukan pencurian dan lain-lain.

IMG-20170605-WA0114

Lebih jauh Titus memaparkan, lembaga ini terbentuk atas keprihatinan masyarakat yang melihat situasi perilaku sosial dengan dampak psikologisnya yang bisa saja berakibat melakukan kejahatan-kejahatan dengan menimbulkan kekhawatiran atas perilaku sosial tadi. Dan perlu digaris bawahi, lembaga ini bukan berperan sebagai investigator ataupun eksekutor dalam menjalankan tugasnya, namun lembaga ini sebagai mitra dari aparat terkait seperti Kepolisian, Kejaksaan, dan Kehakiman, untuk memberikan pelayanan edukatif kepada masyarakat terkait dalam mencegah terjadinya kejahatan, bebernya.

Dewasa ini banyak kasus-kasus perilaku sosial yang menimbulkan terjadinya kejahatan. Ini yang perlu kita garis bawahi. Dalam mencegah kejahatan, perlu upaya untuk memberikan pengetahuan umum tentang bagaimana seharusnya merubah perilaku sosial berikut menghindari tindakan-tindakan kejahatan tadi. Masyarakat, lanjut Titus, terutama generasi muda perlu mendapatkan pembinaan akan kesadaran hukum, pembinaan perilaku sosial dengan tatanan yang baik untuk dapat mengalihkan ke dalam perilaku yang positif, tandasnya.

Coba kita dapat bayangkan, berapa persen korban akibat dari tindakan kejahatan tadi, terutama generasi muda. Artinya, kita bukan menekankan, dalam tanda kutip, bahwa di sini generasi muda adalah generasi penerus bangsa.

“Maka sangatlah miris serta ironis apabila generasi muda sebagai generasi penerus, dirusak dengan perilaku sosial yang akan berdampak besar dalam melakukan kejahatan. Ini yang harus kita cegah,” tegasnya.

Hadir dalam acara pelantikan dan pengukuhan tersebut, Budianto RM (Ketua Umum LCKI) Povinsi Jawa Barat, AKBP Hari Brata (Kapolres Sumedang), Kajati Sumedang, Kemenhumkan Sumedang, Ka.OpsDal Kodim Sumedang, Ka.Kesbangpol Sumedang, perwakilan unsur LSM dan Ormas Kabupaten Sumedang, serta para tokoh masyarakat Sumedang.

Ketika disinggung perihal ketidakhadiran Bupati dan Anggota DPRD Sumedang, terlebih Bupati Sumedang adalah merupakan Dewan Pembina LCKI Kabupaten Sumedang, Titus selaku Ketua LCKI Kabupaten Sumedang, merasa menyesalkan atas ketidakhadiran beliau.

Saya baru saja mendapat pemberitahuan bahwa Pak Bupati sedang menghadiri acara Penyerahan Hasil Laporan BPK se-Jawa Barat di Bandung, saya memahami. Namun yang saya sesalkan di sini adalah, kenapa tidak mendisposisikan kepada staffnya. Karena Pak Bupati kami undang melalui surat resmi, disamping itu saya pun memberitahu beliau melalui sms.

“Jika tidak akan hadir, tolong wakilkan oleh asistennya, baik itu Asda, SKPD ataupun seseorang yang mewakili keterkaitan dengan Pemkab. Tidak ada satupun perwakilan dari Pak Bupati diacara ini seperti yang kita ketahui sekarang,” disesalkan Titus.

“Karena lembaga ini dalam penataan program kami ke depan, jelas dibutuhkan kesinergian antara Pemerintah Daerah berikut unsur-unsur terkait. Dalam arti kata, siapa yang membuat kebijakan, Bupati!” tandasnya pula.

Lebih jauh Titus menegaskan, bahwa peran Pemerintah Daerah sangat vital dalam mengembangkan kinerja, karena banyak keterkaitan dalam pengabdian, pelayanan, serta sinergitas dalam membangun tatanan sosial masyarakat untuk Sumedang ke depan.

Bagaimana bisa membangun masyarakat Sumedang ke arah yang lebih baik, membangun sinergitas saja sudah kurang kepeduliannya, kurang proaktif, cenderung pasif dengan kehadiran sebuah lembaga yang berbasis masyarakat seperti kita.

“Terlepas dari hal itu, saya sangat berterima kasih kepada pihak-pihak yang sudah sangat mendukung diacara pengukuhan ini, terutama Bapak Kapolres, ini yang sangat luar biasa! Bapak Kejati, Bapak Kodim dan semuanya yang secara proaktif sudah mensupport diacara yang sangat luar biasa ini,” imbuhnya meringkas pembicaraan, yang kemudian diakhiri dengan acara Buka Puasa Bersama (Bukber) bersama para tamu undangan.
(HH/RJ)

IMG-20170605-WA0113

Titus Diah, Ketua Umum LCKI Kabupaten Sumedang