Waspada! LOTIM Marak Modus Penipuan Pemberangkatan TKI Ke Luar Negeri

IMG_20180213_221331

LOTIM – Jayantara News

IMG_20180202_185549

Dua orang calon Tenaga Kerja Indonesia (TKI) mendatangani Forum Peduli Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (FPPTKI) yang berpusat di Kabupaten Selong NTB. Kedatangan mereka guna mengadukan atas penipuan yang dilakukan oleh seseorang yang bernama Rustam yang menunjukan jalan untuk proses pemberangkatan bekerja ke Arab Saudi, (13/01/18).

Modus para TKI itu berangkat dari penipuan yang dilakukan oleh seorang penyalur TKI (Abu Bakar Asgaf) yang lahir di Sumbawa dan tinggal di Paok Motong, Kabupaten Lombok Timur.

Mereka (para calon TKI), diiming-imingkan gaji yang besar. Namun setelah mengeluarkan biaya besar, impian mereka tidak terwujud bekerja di Arab Saudi. Padahal, para calon TKI sudah mengeluarkan uang sebesar Rp. 9.200.000,- dan Rp. 10.500.000,-. Demikian disampaikan Kaharudin dan Muh. Buhari, dua orang korban penipuan TKI.

Menyikapi Laporan Pengaduan (Lapdu) dari korban penipuan, SATGAS FPPTKI melakukan investigasi guna mengumpulkan data-data yang akurat untuk kemudian ditindaklanjuti ke pihak Penegak Hukum. Namun ternyata Rustam pun ditipu pula oleh penyalur TKI (Abu Bakar Asgaf) dengan kerugian mencapai Rp. 55.000.000.- atas pemberangkatan TKI ke Timur Tengah (Arab Saudi),” dan semua kerugian para calon TKI akan diganti,” ungkap Rustam dalam Surat Pernyataan.

Menanggapi atas kasus penipuan yang dilakukan Abu Bakar Asgaf, yang sudah meresahkan masyarakat, Rustam pun mengadukan hal itu ke FPPTKI (Forum Peduli Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia) Selong NTB.

Sejauh ini para Satgas FPPTKI akan terus melakukan investigasi atas keberadaan Abu Bakar Asgaf, karena nyatanya setelah melakukan investigasi di lapangan, Abu sedang tidak berada di tempat, (Desa Paok Motong, Kab. Lotim).

(MY /Tim JN)