HomeLintas BeritaKabid Humas Polda NTB & Kadis Kominfotik Kunjungi PLTU & PLTMGU Lombok...

Kabid Humas Polda NTB & Kadis Kominfotik Kunjungi PLTU & PLTMGU Lombok Peaker

Kabid Humas Polda NTB & Kadis Kominfotik Kunjungi PLTU & PLTMGU Lombok Peaker
 
JayantaraNews.com, NTB

Kabid Humas Polda NTB Kombes Pol Purnama, SIK beserta Kadis Kominfotik Pemrov NTB Gde Putu Aryadi dan beberapa jurnalis media nasional melakukan kunjungan ke PLTU Jeranjang dan PLTMGU Lombok Peaker yang merupakan proyek PT PLN Wilayah NTB, pada Senin 18 November 2019.

Kegiatan tersebut bertujan agar media dan stakeholder melihat secara langsung proses pekerjaan yang dilakukan oleh Tim PLN di PLTU (Pembangkit Listrik Tenaga Uap) Jeranjang yang mempunyai kapasitas 3×25 MW maupun upaya percepatan pengoperasian PLTMGU (Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas dan Uap) Lombok Peaker 130 MW.

Pengoperasian pembangkit listrik ini sebagai langkah untuk mengatasi permasalahan ketersediaan daya listrik di Lombok sehingga nantinya masalah pemadaman listrik tidak terjadi lagi.

Lebih detail, manajer proyek mejelaskan pada JayantaraNews.com, bahwa estimasi pekerjaan pemeliharaan di PLTU Jeranjang dengan kapasitas 25 MW akan selesai pada tanggal 20 Desember 2019, sedangkan unit yang lain juga diharapkan dapat segera beroperasi pada minggu ketiga (3) di bulan November 2019.

Sedangkan plan penyelesaian  untuk pekerjaan PLTMGU Lombok Peaker yang berada di Karang Bagek, Banjar Getas Ampenan direncanakan akan beroperasi maksimal pada akhir Desember 2019. Namun saat ini sudah beroperasi tiga mesin yang dapat menghasilkan daya listrik sebesar 10 MW sehingga akan dapat memperkuat sistem kelistrikan Lombok dengan target waktu pada minggu ketiga November 2019.

Lebih lanjut ia menjelaskan, bahwa kedepannya bisa dipastikan tidak akan ada lagi pemadaman bergilir seperti saat sekarang, serta berharap agar masyarakat bisa memahami dan mengerti kondisi pembangkit listrik yang sedang dalam proses perbaikannya  secara bertahap seperti saat ini.

Hal tersebut terbuktikan setelah dilakukan kunjungan kerja dan pengecekan langsung di lokasi  PLTU/PLTMGU, bahwa memang benar ada kegiatan pemeliharaan mesin dan percepatan pekerjaan pada pembangkit listrik yang baru.

Hal tersebut merupakan salah satu upaya dari PLN wilayah NTB untuk mencukupi ketersediaan listrik di Lombok untuk masa yang akan datang, terlebih lagi nantinya Pulau Lombok akan terus maju pembangunannya seperti adanya KEK Mandalika, Sirkuit MotoGP, pembangunan hotel dan resort atau kebutuhan masyarakat lainya, pungkas Kabid Humas Purnama, SIK.

Kabid Humas Polda NTB H Purnama, SIK mengapresiasi kinerja PT PLN khususnya wilayah NTB yang terus membangun proyek pembangkit listrik di area Lombok, sehingga pasokan dan kebutuhan listrik yang merupakan hajat hidup orang banyak dapat terpenuhi tanpa adanya gangguan dan  pemadaman bergilir lagi karena pihak PLN sudah bisa mengatasinya, tutup Kabid Humas Polda NTB. (Nu JN)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News