HomeLintas BeritaGerakan Tanggap Kesehatan 'GERTAK' Percepat Pelayanan Kesehatan Masyarakat Cibeunying Cimenyan Kab. Bandung

Gerakan Tanggap Kesehatan ‘GERTAK’ Percepat Pelayanan Kesehatan Masyarakat Cibeunying Cimenyan Kab. Bandung

JAYANTARANEWS.COM, Kab. Bandung

Pengembangan pelayanan kesehatan untuk mempermudah dan mempercepat akses pelayanan kepada masyarakat,  Pemerintah Kelurahan Cibeunying melalui kelembagaan  Puskesos Cibeunying membuat program layanan mengantar dan menjemput pasien sebagai salah satu pendekatan pelayanan kepada masyarakat. Program ini diharapkan dapat membantu masyarakat yang mempunyai kesulitan dalam mengakses fasilitas pelayanan kesehatan karena faktor kesulitan akses kendaraan roda empat (R4) maupun karena letak geografis yang sulit dijangkau angkutan umum.

Adapun, pelayanan mengantar jemput pasien bertujuan untuk :
a. Memberikan pelayanan mengantar pasien dari rumah pasien ke fasilitas pelayanan kesehatan, baik puskesmas atau rumah sakit;
b. Memberikan pelayanan penjemputan pasien yang telah selesai menjalani perawatan, baik rawat jalan maupun rawat inap di puskesmas atau rumah sakit;

Sebagai awal program Gerakan Tanggap Kesehatan (GERTAK), sementara ini baru menggunakan mobil dinas kantor Kelurahan Cibeunying.

Lebih lanjut, Iwan Kurniawan, selaku Ketua Puskesos Kelurahan Cibeunying menyampaikan; “Program ini bertujuan untuk membantu dan menolong warga masyarakat  yang merasa kesulitan di saat  warga keluarga/pasien hendak berobat, baik menuju atau sekembalinya dari rumah sakit,” katanya.

Untuk mengaksesnya, kami pun telah menginfokan dengan menyebar nomor telepon yang bisa langsung menghubungi GERTAK. Kepada para pengurus RT/RW, khususnya di wilayah Kelurahan Cibeunying, petugas siap siang malam dan kapan pun  waktunya.

Program tanggap kesehatan GERTAK ini sudah berjalan dari tanggal 1 Desember 2022, yang diresmikan dan dibuka langsung oleh Lurah Cibeunying ‘Ojat Kurnia, SE.

Sebagaimana diketahui, bahwa hidup sehat adalah dambaan dan harapan kita semua. Namun dalam perkembangan kehidupan, tak selamanya sehat. Untuk itu, kami atas nama Pemerintahan Kelurahan Cibeunying, Kecamatan Cimenyan, Kabupaten Bandung, yang bekerjasama dengan kelembagaan yang ada dan salah satunya dengan Puskesos Cibeunying, membentuk Tim  Tanggap Kesehatan, khususnya di wilayah Kelurahan Cibeunying.

GERTAK yang merupakan gerakan tanggap kesehatan, pelayanan dan pendampingan, akan mengantar jemput pasien  ke rumah sakit atau puskesmas. Walau dalam pelaksanaannya sementara ini baru menggunakan kendaraan yang ada di kelurahan sebagai sarana mobilitasnya.

“Semoga ke depan, GERTAK ini memiliki armada berupa ambulan, sebagai sarana transportasi dengan pelengkapan dan fasilitas kesehatannya.” Demikian penjelasan Lurah Cibeunying ‘Ojat Kurnia, SE’, di sela-sela kesibukan sebagai Lurah Cibeunying, melalui JayantaraNews.com.

Lebih lanjut, Nani Maya Maryani, sebagai petugas relawan yang senantiasa mendampingi pasien  mengungkapkan; “Selama ini masih dalam tahap lancar dan tak ada kendala. Namun kami berharap adanya ketersediaan fasilitas kendaraan (ambulan), brankar, oksigen juga kursi roda menjadi harapan terbesarnya,” ujar Nani, yang diiyakan Ahmad Kosasih, yang juga rekan relawan petugas sebagai sopir dalam pelaksanaan tanggap kesehatan tersebut. “Alhamdulillah, bisa membantu menolong sesama,” tukasnya.

Di lain sisi, Tina Ginarsih/Udin sebagai keluarga pasien mengucapkan banyak terima kasih dengan adanya program Gertak ini. Dirinya merasa terbantu di saat kesulitan akan membawa orangtuanya ke rumah sakit. “Hatur nuhun,” ucapnya. (Arin)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News