HomeLintas BeritaPanwascam Cilengkrang Kab. Bandung Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Masyarakat untuk Pilkada 2024

Panwascam Cilengkrang Kab. Bandung Sosialisasikan Pengawasan Partisipatif Masyarakat untuk Pilkada 2024

JAYANTARANEWS.COM, Kab. Bandung

Bertempat di Griya Panorama Ujungberung Kota Bandung, Bawaslu Kabupaten Bandung melaksanakan ‘Sosialisasi Pengawasan Partisipatif’, jelang Pilkada 2024. 

Turut hadir dalam acara tersebut, di antaranya; Camat Cilengkrang, Danramil Cilengkrang, Kapolsubsektor Cilengkrang, Ketua Panwas, unsur masyarakat, kelompok tani dan karang taruna, serta PKK dari enam desa wilayah Kecamatan Cilengkrang. 

Dalam sambutannya, Camat Cilengkrang Drs. Agus Rizal, M.Si., menyampaikan ucapan terima kasih kepada masyarakat Kecamatan Cilengkrang, yang sudah melaksanakan pemilihan legislatif dan pemilihan presiden dengan aman dan kondusif. “Begitupun dengan Pilkada tahun 2024 ini. Dimana kita akan melaksanakan pemilihan gubernur dan wakil gubernur, juga memilih bupati dan wakil bupati,” terangnya.

Dalam acara sosialisasi pengawasan partisipatif ini, masyarakat dijadikan mitra Bawaslu, untuk ikut serta dalam pengawasan Pilkada, pada 27 November 2024 yang akan datang. “Semoga dengan adanya sosialisasi ini, masyarakat Cilengkrang akan lebih baik. Utamanya dalam pelaksanaan dan pengawasan Pilkada tahun ini. Dan kalaupun di lapangan menemukan hal-hal yang tidak sesuai, maka bapak ibu tetap harus berkomunikasi dengan Panwas. Dan semoga Pilkada tahun 2024 di Cilengkrang akan tetap kondusif, aman, damai, terkendali dan transparan. Apresiasi juga untuk Panwas yang telah melaksanakan sosialisasi partisipasi aktif. Dan kepada panitia pelaksana, saya mengucapkan terima kasih,” tandas Agus Rizal.

Di kesempatan sama, Danramil Cilengkrang Kapten Inf. Iwan Santoso, menyampaikan selamat atas terlaksananya acara sosialisasi tersebut. “Kami aparat keamanan akan selalu menjaga bapak-bapak ibu-ibu yang berada di lapangan, sampai dengan tanggal 27 November 2024. Tolong sampaikan ke sanak saudara, bahwa nanti pada tanggal 27 November 2024, datang ke TPS. Karena suara bapak ibu sangat menentukan untuk lima tahun kedepan,” ajaknya. 

Sementara, Kapolsubsektor Cilengkrang, Iptu Ukar, mengatakan; “Kalau saya ibaratkan, Pemilu itu merupakan sebuah pertandingan. Ada pemain, ada penonton maupun wasit. Nah, bagi bapak ibu yang hadir di sini sebagai mitra Panwascam, bapak ibu ini diibaratkan sebagai asisten wasit. Tugasnya kepanjangan tangan dari Panwascam. Karena namanya juga partisipasi, maka ketika ada pelanggaran dengan pelaksanaan Pilkada, maka bapak ibu tetap harus berkoordinasi dengan Panwascam. Tujuannya untuk menghasilkan Pemilu Pilkada yang berkualitas,” ujarnya.

Ukar sampaikan, “Semoga Pilkada yang akan dilaksanakan pada 27 November 2024 nanti, khususnya di Kecamatan Cilengkrang, akan berjalan aman dan kondusif,” harapnya.

Demikian pun Nyayu Ade Yupita, selaku Ketua Panwascam Cilengkrang, dalam sambutannya menyampaikan terima kasih atas kehadiran semua, dalam acara sosialisasi partisipatif. “Tujuannya, bapak ibu yang hadir ini menjadi kepanjangan tangan dari Panwascam atau mitra Panwascam. Dan nanti, bapak ibu akan diberikan materi terkait tugas dan kerjanya,” paparnya.

Nyayu beberkan, bahwa maksud pelaksanaan kegiatan ‘Forum Warga Pengawasan Partisipatif’ pada pemilihan kepala daerah tahun 2024 di Kabupaten Bandung, yaitu sebagai upaya Bawaslu Kabupaten Bandung dalam melibatkan masyarakat sebagai mitra strategis Bawaslu. 

Adapun, kata dia, bahwa tujuan dilaksanakannya kegiatan ini, antara lain: Agar terbangunnya sinergitas pengawasan partisipatif antara lembaga Bawaslu Kabupaten Bandung bersama masyarakat sekitar, menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024; meningkatnya partisipasi masyarakat menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024; terbangunnya rencana dan tindak lanjut pengawasan partisipatif bersama masyarakat, menjelang Pemilu dan Pilkada tahun 2024. (JO)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News