HomeLintas BeritaCamat Sawangan Bersama Awak Media Siap Sukseskan Pilgub Jabar dan Pilwalkot Kota...

Camat Sawangan Bersama Awak Media Siap Sukseskan Pilgub Jabar dan Pilwalkot Kota Depok 2024

JAYANTARANEWS.COM, Depok

Sekretaris Wartawan Indonesia (SWI) Kota Depok gelar Ngopi (Ngobrol Pintar Inspiratif) bersama Camat dan para Lurah se-Kecamatan Sawangan.

Ngobar yang mengusung tema “Sawangan Siap Sukseskan Pilgub Jabar dan Pilwalkot Kota Depok 2024” itu, digelar di aula Kecamatan Sawangan, Jalan Raya Muhtar, Sawangan, Kota Depok, Rabu (28/8/2024).

KPU Kota Depok bersama unit kerjanya, PPK, PPS hingga KPPS yang melaksanakan Pemilukada 5 tahun sekali ini akan menentukan pemimpinnya.

Taufiqurakman, S.Ag., MM., Kepala Bidang Politik Dalam Negeri dan Organisasi Kemasyarakatan pada Kesbangpol sebagai narasumber, mengatakan, bahwa pentingnya peranan pemberitaan media tentang proses Pemilukada di Kota Depok 2024, paparnya di hadapan peserta acara sosialisasi Pemilukada 2024.

Menurut M. Gusril Khalik, M.Pd., selaku Ketua PPK Sawangan; “Media sebagai kontrol sosial sangat penting bagi pelaksanaan Pemilukada. Sebab, pemberitaan media yang  disampaikan ke publik sangat berpengaruh terhadap partisipasi pemilih, untuk datang mencoblos ke TPS,” ucapnya.

“Pers harus mampu menyajikan berita yang benar sesuai dengan fungsinya sebagai kontrol sosial,” ujar Gusril.

Sementara, Camat Sawangan Anwar Nasihin, S.Ag, MM., berharap, wartawan dapat bersinergi dalam mensukseskan Pemilihan Gubernur Jawa Barat juga Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Depok, pada 27 November 2024.

Kecamatan Sawangan terdiri dari 7 kelurahan, target partisipasi pemilih di seputar 80 persen. “Dan apabila tercapai, maka akan diberikan hadiah seekor kambing,” ucap Anwar Nasihin, Camat Sawangan ini.

Anwar menjelaskan, jumlah Daftar Pemilih Sementara (DPS) Kota Depok 1.423.747, sedangkan DPS di Kecamatan sawangan sebanyak 124.003.

Sementara jumlah Tempat Pemungutan Suara (TPS) di Kecamatan Sawangan ada 230 TPS, dengan Data Pemilih Sementara sebanyak 124.003, yang terbagi dari data pemilih laki-laki 61.640 dan data pemilih perempuan sebanyak 62.363.

“Melalui sarana media juga, kita selalu menyampaikan, bahwa sebagai Aparatur Sipil Negara (ASN), tetap menjaga netralitas kita sebagai abdi negara. Kita ingin Pilgub Jabar dan Pilwakot  Depok berjalan tertib, lancar, dan aman. Dan tidak golput di Sawangan,” pintanya.

Anwar juga menyampaikan rasa terima kasih atas kolaborasi dengan insan media, petugas PPK, PPS dan Panwas, kemudian RW dan RT yang menjadi garda terdepan dalam memberikan sosialisasi kepada masyarakat demi mencapai target partisipasi sebesar 80% di Kota Depok.

“Kami akan memberikan reward bagi masyarakat yang menggunakan hak pilihnya dalam proses pilkada nanti. Tentunya dengan klasifikasi tertentu,” tutur Anwar.

Dilanjutkan dengan acara sesi tanya jawab seputar berita hoaks dan fungsi pers dalam mengawal Pemilukada 2024.

Seorang wartawan menjelaskan berita hoaks dan fungsi wartawan, bahwa hoaks itu bukan produk Jurnalis, pers di jalan yang benar, senantiasa menjaga kode etik, beritanya tidak boleh subyektif, hoaks itu sering digunakan oleh buzzer untuk menyerang dan menjatuhkan rival politiknya dalam segala bentuk kegiatan apapun itu, terutama di Pileg, Pilpres dan Pemilukada ini, imbuh Benny Gerungan Ketua PWOIN Kota Depok. 

Konsep Pemilukada 2024 di Kota Depok harus terintegrasi ke seluruh lapisan masyarakat tanpa ada pilih kasih atau tebang pilih.

Mengenai ada organisasi profesi mengundang Kesbangpol dalam acara Media Ghetering di Hotel Bumi Wiyata beberapa waktu lalu, itu bahagian dari dinamika politik dalam berdemokrasi, sebagaimana dalam konsederan Undang- undang No 40 tahun 1999 tentang Pers.

Kemerdekaan pers merupakan salah satu wujud kedaulatan rakyat yang menjadi unsur yang sangat penting untuk mewujudkan kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara yang demokratis.

Ada 3 fungsi pers antara lain sebagai media informasi, pendidikan, hiburan dan kontrol sosial.

Sedangkan dalam pasal 28E ayat (3) UUD 1945  setiap orang berhak atas kebebasan berserikat, berkumpul, dan mengeluarkan pendapat.

Senada disampaikan Jon Hutapea bahwa Kesbangpol Kota Depok jangan tebang pilih terhadap organisasi dan komunitas wartawan yang ada di Kota Depok.

“Tidak ada organisasi pers tunggal di Republik ini, karena Indonesia negara yang berdaulat dan demokratis,” tegasnya.

Acara forum diskusi ngopi bareng SWI Kota Depok yang dinakhodai oleh Yenni Budi Indriyani itu turut dihadiri oleh para lurah se-Kecamatan Sawangan, di antaranya; Firman SN., S.STP, M.AP., Lurah Sawangan, Cucu Suardi, SE., Lurah Pasir Putih, Asep Wisnu N., S.Sos., Lurah Pengasinan. Dion Wijaya, SE., Lurah Kedaung, M. Sahal, SE., MM., Sekcam Sawangan, Musonip, S,Sos., Lurah Cinangka, Dede Ruyatna, SE., MA., Lurah Sawangan Mahruddin, S.Pd.i., Lurah Bedahan dan wartawan dari berbagai media, organisasi, juga dari komunitas pers memberikan apresiasi terhadap Camat Sawangan yang telah mengundang awak media di acara sosialisasi Pemilukada 2024 Kota Depok. (Yuni)

Stay Connected
16,985FansLike
2,458FollowersFollow
61,453SubscribersSubscribe
Must Read
Related News